Berita NTT

Riset Kinerja Keuangan, Bank NTT Raih Predikat Terbaik di Indonesia

Penghargaan bergengsi ini diterima oleh Kepala Divisi Rencorsec and Legal Bank NTT, Endry Wardono mewakili manajemen.

Editor: Gordy Donovan
HUMAS BANK NTT
TERIMA PENGHARGAAN - Kadiv Rencorsec dan Legal Bank NTT, Endry Wardono, saat menerima piagam penghargaan, Kamis (25/8) pada ajang 27th Infobank Award 2022 di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (25/8) siang. 

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Bank NTT kembali dinobatkan sebagai bank terbaik di Indonesia yang diklasifikasi berdasarkan Kelas Modal Inti (KBMI) 1.

Ada 45 lembaga perbankan yang berhak atas capaian hebat ini, sehingga mereka diganjar penghargaan oleh Majalah Infobank yang berlangsung pada ajang 27th Infobank Award 2022 di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Kamis 25 Agustus 2022 siang.

Penghargaan bergengsi ini diterima oleh Kepala Divisi Rencorsec and Legal Bank NTT, Endry Wardono mewakili manajemen.

Sementara hadir juga direksi bank-bank besar tanah air.

Baca juga: Rahasia Mata Sehat Nenek Usia 100 Tahun di Sikka, Inde Bilang Neneknya Pakai Daun Kelor

 

Masih mengenai penghargaan yang diterima oleh Bank NTT, kinerja keuangan dari bank yang saat ini dipimpin oleh Harry Alexander Riwu Kaho sebagai Direktur Utama ini, tercatat sangat baik. Ini berdasarkan hasil riset independent Biro Riset Infobank (BiRI) berdasarkan Rating 107 Bank versi Majalah Infobank tahun 2022.

Adapun riset penilaian kinerja pada rating kali ini dilakukan berdasarkan data laporan keuangan tahun penuh 2021 yang menerapkan lima tahapan besar dalam menentukan peringkat dan predikat. Pertama, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan perbankan dan kebijakan regulator, serta pencapaian perbankan secara industri.

Kedua, mengumpulkan laporan keuangan bank-bank, yang terdiri atas neraca dan rugi laba selama dua tahun, serta laporan GCG dan profil risikonya.

Ketiga, memasukkan skor GCG dan profil risiko serta mengolah angka-angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan. Tahap selanjutnya, BiRI mengelompokkan bank-bank sesuai dengan kelompok modal inti, mulai dari KMBI 4 sampai dengan 1. Dan tahapan terakhir, pemberian notasi akhir untuk memberikan predikat dan pemeringkatan setelah index nilai terkumpul.

Baca juga: Jokowi dan Raja Mswati III Saksikan Penandatanganan MoU, Menlu Retno: MoU Ini Sangat Penting

Kriteria penilaian yang diterapkan Biro Riset Infobank hampir sama, bahkan lebih berat daripada kriteria yang digunakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved