Pelantikan Kades di Sikka

Pendukung Mainkan 'Feko Genda' Warnai Pelantikan 17 Kades Terpilih di Sikka

Mereka memainkan 'Feko Genda' Warnai Pelantikan 17 Kades Terpilih di Sikka. Meriah sekali acara pelantikan 17 Kades terplih di Sikka, Flores, NTT.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / NOFRI FUKA
TIUP - Tampak warga dari Desa Liakutu sedang meniup suling atau Feko Genda di halaman Kantor Bupati Sikka pada Sabtu 27 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Wilayah Kabupaten Sikka memiliki sejuta kekayaan alam maupun budaya yang bertahan hingga kini.

Salah satu warisan budaya dalam bentuk alat musik tiup yang terdapat di Kabupaten Sikka adalah Feko Genda. Feko Genda merupakan kosakata dari Bahasa Daerah Sikka-Lio, yang berarti suling.

Berbicara tentang suling pastinya bukanlah hal yang asing di telinga, sebab, hampir di tiap daerah terdapat alat musik tiup suling.

Nah, bertepatan dengan pelantikan kepala desa terpilih yang berlangsung di Kantor Bupati Sikka, para pendukung yang berada di halaman Kantor Bupati Sikka tampak memainkan Feko Genda diiringi pukulan gendang dan tarian.

Baca juga: Gong Waning Berbunyi, Keluarga Joget Sebelum Acara Pelantikan 17 Kades Terpilih di Sikka

 

Salah satu kelompok pendukung dari kades terpilih di Desa Liakutu, Kabupaten Sikka, juga tak ketinggalan mempertontonkan atraksi budaya menunggu proses pelantikan selesai.

Tampak sekitar 4 orang melainkan suling dengan nada yang berbeda-beda.

Salah satu warga dari Desa Liakutu, Orinus sempat menjelaskan Feko Genda merupakan alat musik tiup yang diwariskan turun temurun oleh nenek moyang.

"Hampir di semua daerah di Kabupaten Sikka itu ada. Kita dari Sikka-Lio juga punya Feko Genda, seperti yang pak lihat tadi," ungkapnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved