Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022, Kerendahan Hati Menjadikan Kita Terhormat

Mari Simak Renungan Harian Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022, Kerendahan Hati Menjadikan Kita Terhormat, Renungan Katolik Harini.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak Renungan Harian Katolik hari ini, Minggu 28 Agustus 2022.

Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini, Kerendahan Hati Menjadikan Kita Terhormat.

SEMANGAT PAGI, pada hari ini kita memasuki hari Minggu Biasa ke XXII. Dan bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Tempat Yang Paling Utama dan Yang Paling Rendah (Luk. 14: 1. 7 - 14).

Yesus mengangkat suatu perumpamaan untuk mengkritik, sekaligus untuk mengajarkan kepada orang orang Farisi, cara membawa atau menempatkan diri dalam pergaulan sosial, mengingat mereka selalu cenderung ingin dihormati, dihargai.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022, Lengkap Mazmur Tanggapan

 

Kata kunci dari ajaran Yesus kepada orang orang Farisi itu adalah pentingnya kerendahan hati, apalagi sebagai seorang pemimpin atau pun seorang pejabat atau seorang yang memiliki gelar, titel, yang mentereng.

Bahwa semakin tinggi posisi atau jabatan, atau semakin banyak atau tinggi gelar atau titel, harusnya semakin rendah hati. Ibarat tanaman padi, semakin berisi, maka semakin merunduk atau ibarat pohon bambu, semakin tinggi semakin merunduk.

Demikianlah nasihat atau pun ajaran Yesus, tidak hanya kepada orang orang Farisi, tetapi juga untuk kita para murid Nya yang hidup di zaman sekarang untuk selalu bersikap rendah hati, yang dalam bahasa Inggrisnya humility, berasal dari latin: humilitas: kata benda, dan kata sifat humilis yang berarti santun atau juga membumi atau dari bumi, dari kata humus (bumi).

Dan biasanya pribadi yang rendah hati pasti akan dihormati atau dihargai.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 28 Agustus 2022, Lengkap Mazmur Tanggapan

Sebaliknya, pribadi yang sombong atau angkuh pasti tidak disukai, dijauhi bahkan dimusuhi. Yesus bersabda: " barangsiapa yang meninggikan diri akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri akan ditinggikan" . Jadi, pada prinsipnya, apabila kita menghormati atau menghargai orang lain, sekalipun mereka orang "kecil", maka kita pun akan dihormati atau dihargai.

Ibaratnya: apa yang kita tanam, itulah yang akan kita petik, sembari Yesus ingatkan kita, jika mengadakan perjamuan undanglah orang orang miskin, cacat dan lumpuh dan buta, yang bermakna jika memberi atau mengundang, jangan mengharapkan balasan.

Memberi atau mengundang dengan ikhlas.

Semoga demikian. Selamat Berhari Minggu.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved