Berita Sikka

Kominfo Ajak Nelayan Sikka Pakai Teknologi Digital Tangkap Ikan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka dan Startup FishOn mengembangkan program transformasi digital untuk nelayan.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ALBERT AQUINALDO
SAMBUTAN - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka, Paul Bangkur saat memberikan sambutan pada kegiatan Implementasi dan Bimbingan Teknis Teknologi Digital bagi Nelayan bertempat di Capa Resort, 30 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Albert Aquinaldo

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Potensi dari pendapatan sektor maritim di Kabupaten Sikka khususnya daerah Maumere terbilang cukup besar salah satunya dalam sektor perikanan tangkap.

Untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka dan Startup FishOn mengembangkan program transformasi digital untuk nelayan.

Kerja sama itu dalam bentuk pelaksanaan kegiatan Implementasi dan Bimbingan Teknis Teknologi Digital bagi Nelayan bertempat di Capa Resort, 30 Agustus 2022.

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim, Logistik Kementerian Komunikasi dan Informatika Wijayanto mengungkapkan, Kominfo telah merancang beberapa inisiatif digitalisasi pada enam sektor strategis, yang salah satunya adalah sektor maritim.

Baca juga: Saksi Teriak saat Lihat Gervasius Sudah Tidak Ada dalam Sampan di Bendungan Napun Gete Sikka

 

Sektor strategis maritim diklasifikasikan ke dalam dua macam proses yaitu perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Dengan program nelayan digital ini, nantinya para nelayan diajarkan untuk bisa menggunakan teknologi seperti mengetahui lokasi penangkapan ikan, cuaca, gelombang, dan perkiraan BBM untuk satu kali trip penangkapan dan juga info harga jual ikan, sehingga dapat mengoptimalkan setiap trip penangkapan ikan dan menambah potensi penghasilan nelayan.

"Dalam era industri 4.0, segala sektor tak lepas dari kemajuan teknologi. Teknologi mendorong peningkatan produktivitas dan memudahkan nelayan dalam melakukan penangkapan ikan" ucap Wijayanto.

Tidak hanya itu Kominfo juga memberikan pelatihan penggunaan aplikasi kepada 100 nelayan yang ada di sekitaran Maumere. Kegiatan pelatihan dilakukan di ball room CAPA resort Maumere serta mengundang beberapa stakeholder yang ada seperti Kementerian Kominfo, startup FishOn, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka, Dinas Kominfo Maumere, serta Kepala Desa dari beberapa desa nelayan di Kabupaten Sikka.

Baca juga: Basarnas Maumere Terjun ke Bendungan Napun Gete Sikka, Cari Gervasius Korban Tenggelam di Napun Gete

Wijayanto melanjutkan dengan adanya program ini, diharapkan nelayan yang bergabung akan menjadi nelayan yang produktif dengan tingkat efektifitas yang tinggi dan bisa menghasilkan ikan yang berkualitas terbaik dengan nilai jual yang tinggi.

Program ini menjadi pilot projects yang diharapkan bisa berlanjut hingga membentuk ekosistem perikanan tangkap yang menghasilkan produk terbaik dan sustainable serta bisa membantu mensejahterakan nelayan-nelayan kecil.

Berita Sikka lainnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved