Berita Manggarai Barat

Bekal Pengetahuan di Politani Kupang, Boni D'jami Menekuni Budidaya Bibit Ikan Lele 

Boni D'jami kini terbilang sukses sebagai pengusaha muda di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/BERTO KALU
Boni D'jami milenial asal Kabupaten Manggarai Barat Provinsi NTT yang sukses dengan usaha pembenihan Ikan Lele di Golo Koe Kota Labuan Bajo. Gambar diabadikan pada Jumat 2 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Berto Kalu

TRIBUNFLORES.COM,LABUAN BAJO-Boni D'jami kini terbilang sukses sebagai pengusaha muda di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Berbekal ilmu yang didapat selama menjadi mahasiswa di Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Kupang, Boni kini  merintis usaha  pembenih ikan Lele yang berlokasi di Golo Koe, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk mengembang biakan ikan lele Boni memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah keluarganya, walau dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan sederhana. Bibit Ikan Lele tersebut ditaruh dalam 4 kolam terpal berukuran sedang.

Dia mulai menekuni usaha budidaya bibit ikan lele sejak masih duduk di bangku kuliah. Pembenihan ikan lele juga menjadi fokusnya saat menyelesaikan tugas akhir di jurusan kelautan dan perikanan program studi teknologi budidaya perikanan Politani Kupang.

Baca juga: PLN Peduli Serahkan Gerobak Listrik Bagi UMKM di Labuan Bajo Manggarai Barat, Dukung Misi Go Green

Setelah menyelesaikan kuliah pada tahun 2021, Boni memilih pulang ke kampung halaman di Desa Lewur Kecamatan Kubus Manggarai Barat. Disana Boni merasa tidak nyaman. Sebab Ia merasa ada potensi yang harusnya bisa dikembangkan berbekal ilmu sebagai lulusan perguruan tinggi vokasi.

"Saya di kampung hanya satu minggu setelah itu saya putuskan untuk datang ke Labuan untuk mulai usaha, syukur juga orang tua dukung dengan memberikan modal awal, " ucap Boni saat ditemui Jumat 2 September 2022.

Dukungan orang tua dan keluarga menjadi motivasi tersendiri bagi pria 24 tahun ini agar bisa sukses. Dengan menggunakan metode kawin suntik, kini Boni memiliki 28 ribu lebih benih Ikan Lele. Dari usaha tersebut, kini Boni dapat meraup untung bersih sebesar Rp 5 juta perbulan.

"Syukur sekarang satu bulan total bisa dapat Rp 8 juta, kalau untung bersih Rp 5 juta," pungkasnya.

Baca juga: Putra Manggarai Barat Jabat Komisaris Independen PT Waskita Karya Infrastruktur

Untuk memasarkan usahanya, Boni rutin memposting di media sosial Facebook dan Whatsapp untuk menarik pembeli, 1 ekor benih Lele dihargai sebesar Rp 1.000 sementara untuk Lele siap panen dihargai Rp.50.000 per kilogram untuk area Labuan Bajo.

Walaupun konsumennya kebanyakan masih berasal dari wilayah Manggarai Raya, Boni tetap optimistis. Ia berharap kedepan usahanya dapat lebih dikenal lebih luas lagi.

Selain berbisnis benih Ikan Lele, Boni perlahan mulai melebarkan usahanya dengan menjual Kolam Terpal Lele, kini total sudah 15 unit kolam yang terjual.

"Kolam ini kami pesan dari Jawa, jualnya per paket dan kami sendiri nanti yang pergi pasang, " kata Boni.

Baca juga: Viral Video, Satu Unit Speed Boat Terbakar di Kampung Ujung Labuan Bajo Manggarai Barat

Pada kesempatan tersebut, Boni juga menyampaikan terima kasih kepada almamater tercinta Politani Kupang. Walaupun sudah menjadi alumni, ia mengaku tetap mendapat support penuh dari Politani.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Politani Kupang yang selalu mensuport kami para alumni dalam mengembangkan usaha, walaupun kami di daerah tetapi support itu selalu ada, " tutupnya.

Berita Manggarai Barat lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved