Berita Nasional

Ibu Iriana Ajak Istri Presiden Filipina Lihat Kain Asli Suku Badui

Ibu Iriana secara khusus mengikuti serangkaian kegiatan pendamping bersama istri Presiden Filipina, Ibu Louise Araneta Marcos.

Penulis: Gordy Donovan | Editor: Gordy Donovan
BPMI Setpres
LIHAT KAIN - Ibu Iriana Jokowi mengajak Ibu Louise Araneta Marcos melihat pameran kain asli suku Badui, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (05/09/2022). 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Ibu Iriana Joko Widodo (Jokowi) turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (05/09/2022).

Ibu Iriana secara khusus mengikuti serangkaian kegiatan pendamping bersama istri Presiden Filipina, Ibu Louise Araneta Marcos.

Ibu Iriana dan Ibu Louise tampak turut serta menanam pohon kayu ulin bersama Presiden Jokowi dan Presiden Ferdinand Marcos Jr. Keduanya juga berbincang dengan hangat dan akrab di veranda, bersamaan dengan pertemuan tatap muka Presiden Jokowi dan Presiden Ferdinand Marcos Jr.

Sementara Presiden Jokowi dan Presiden Ferdinand Marcos Jr. mengadakan pertemuan bilateral, Ibu Iriana mengajak Ibu Louise untuk melihat pameran kain asli suku Badui dengan diiringi ilustrasi musik kecapi kumbang Badui.

Baca juga: Video Viral di Medsos, Wisatawan Terbangkan Drone di Pulau Kalong Manggarai Barat, Pius: Dilarang

 

Selain itu, Ibu Iriana beserta Ibu Louise juga menyaksikan proses penenunan tali benang menjadi lembaran kain.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana menyerahkan kain tenun asli Badui sebagai kenang-kenangan untuk Ibu Louise.

Setelah itu, Ibu Iriana menjamu Ibu Louise dengan sajian teh hangat sambil berbincang ringan. Keduanya kemudian mendampingi Presiden Jokowi dan Presiden Ferdinand Marcos Jr. saat menyampaikan pernyataan pers bersama

Jokowi Ajak ke Sarinah

Sebelumnya, usai menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Filipina di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan Ibu Louise Araneta Marcos mengunjungi Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (05/09/2022) untuk menunjukkan produk-produk asli Indonesia.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Flores Hari Ini Selasa 6 September 2022

Kunjungan kedua pemimpin negara tersebut ke Sarinah berawal dari keinginan Presiden Filipina untuk dapat melihat produk-produk asli Indonesia.

AJAK BELANJA - Presiden Jokowi mengajak Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan Ibu Louise Araneta Marcos mengunjungi Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (05/09/2022) malam.
AJAK BELANJA - Presiden Jokowi mengajak Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr. dan Ibu Louise Araneta Marcos mengunjungi Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (05/09/2022) malam. (BPMI Setpres/Rusman)

Hal tersebut disampaikan Presiden Ferdinand Marcos Jr. pada saat pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor pada pagi hari.

“Tadi pagi kan kita sudah pertemuan empat mata, pertemuan bilateral, semuanya sudah selesai. Beliau menyampaikan kepada saya untuk bisa diajak ke pasar atau untuk melihat produk-produk asli Indonesia ya saya bawa ke Sarinah, saya kira Sarinah tempatnya,” kata Presiden dikutip TRIBUNFLORES.COM dari laman Setkab.go.id Selasa pagi.

Tampak Presiden Jokowi tiba di Gedung Sarinah sekira pukul 18.20 WIB.

Di sana, kedua pemimpin tampak melihat-lihat beberapa produk retail buatan Indonesia seperti sepatu dan tas.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyerahkan lukisan “Traditional Market” kepada Presiden Marcos Jr. Lukisan tersebut menggambarkan kegiatan transaksi jual beli masyarakat yang memiliki makna interaksi sosial antarmanusia.

Baca juga: Muka Baru Nirwana 04 Nagekeo di ETMC 2022; Luar Biasa Lolos Penyisihan Grup

Selain melihat beberapa produk retail, kedua pemimpin negara juga disuguhkan beberapa pertunjukan kesenian yakni tarian Cendrawasih yang berasal dari Provinsi Bali serta pertunjukan musik dari musisi Difki Khalif dan Segara.

Tampak hadir pada kunjungan tersebut yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati.

Berita Nasional lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved