Berita Sikka

Prof Intiyas Utami Dorong Pemerintah Desa Bloro di Sikka Jadi Desa Wisata Edukasi

Desa Bloro, satu dari lima desa binaan Bank NTT cabang Sikka masuk dalam Festival Desa Binaan Bank NTT. Desa Bloro didorong menjadi wisatda edukasi.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/KRISTIN ADAL
FOTO BERSAMA- Kepala Desa Bloro, Camat Nita, tim juri penilaian Festival Desa Binaan Bank NTT dan para pelaku UMKM berpose bersama di Kantor Desa Bloro, Senin, 5 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Desa Bloro, satu dari lima desa binaan Bank NTT cabang Sikka masuk dalam Festival Desa Binaan Bank NTT.

Desa Bloro memiliki potensi hasil alam yang melimpah dan juga kebudayaan yang melekat.

Sehingga, Desa Bloro didorong untuk mengembangkan wisata berbasis edukasi.

Prof. Dr, Intiyas Utami, Staf Khusus Gubernur NTT, juga anggota tim penilai Festival Desa Binaan Bank NTT meminta pemerintah Desa Bloro dan masyarakat setempat untuk membuka wisata edukasi.

Ia menjelaskan, bahwa proses pembuatan minyak VCO, pembuatan minyak asap cair, dan kreativitas lainnya bisa menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan wisata.

Baca juga: Oknum Vikaris Diciduk Polres Alor Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Sembilan Anak Bawah Umur

 

" Setelah saya mendengar cerita dari bapak ibu. Desa Bloro ini memiliki potensi alam. Saya membayangkan proses pembuatan minyak asap cair ini sebagai salah satu objek wisata edukasi," kata Intiyas.

Menurutnya Desa Bloro memiliki peluang sebagai desa yang mengembangkan kampung wisata edukasi. Wisatawan yang datang berkunjung tidak sekadar melihat objek tetapi mereka diedukasi. Misalnya dengan proses produksi minyak asap cair atau proses pembuatan kain hingga penjelasan makna dibalik motif kain tenun.

" Kita berkolaborasi, tamu yang datang di kampung wisata ini untuk wisata edukasi. Kita harus mampu mengundang orang untuk datang. Yang disuguhkan bukan sekadar melihat objek wisatanya saja tapi wisata edukasi. Tamu yang datang disambut dengan tarian kemudian diantar ke tempat UMKM," ungkap Intiyas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved