Berita Sikka

Camat Paga Minta Yohanes Gago Manfaatkan Potensi Desa Wolowiro

Selain itu Camat juga mengharapkan agar sektor pariwisata yang merupakan salah satu potensi andalan desa wolowiro yakni destinasi wisata pantai koka.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/HO-Camat Paga
SERAH TERIMA-Suasana serah terima Kepala Desa Wolowiro di Aula Kantor Desa Wolowiro, Senin 5 September 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Camat Paga Arkadius Senalis Bell, S.Pi meminpin serah terima jabatan Kepala Desa Wolowiro Masa Jabatan Tahun 2022-2028 dari Penjabat Kepala Desa Wolowiro Yohanes Berchmans Dede, A.Md kepada Kepala Desa Wolowiro Yohanes Rudyanto Gago di Aula Kantor Desa Wolowiro, Senin 5 September 2022.

Dalam sambutannya Camat Arkadius menyampaikan agar Kepala Desa Wolowiro nantinya fokus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten terkait pembangunan jaringan air IKK mata air Ijukutu yang bersumber dari dana pinjaman PEN Daerah yang pelaksanaan dianggarkan Tahun 2022 ini.

Selain itu Camat juga mengharapkan agar sektor pariwisata yang merupakan salah satu potensi andalan desa wolowiro yakni destinasi wisata pantai koka agar diprioritaskan untuk dikembangkan.

Pariwisata merupakan program prioritas nasional untuk itu dana desa dapat dimanfaatkan untuk menbiayai program kegiatan sesuai kewenangan desa yakni pengembangan desa wisata guna mendorong pencapaian SDG's.

Baca juga: Harga BBM Naik, Pedagang Ikan di Sikka: Kami Semakin Sengsara

 

Di sektor ini kita punya SDA yang sangat potensial untuk bisa berkontribusi meningkatkan derajat ekonomi masyarakat dan juga pendapatan desa (Pades), yang nantinya dapat digunakan untuk menbiayai berbagai program kegiatan pembangunan berskala desa yang secara aturan tidak diperbolehkan diakomodir dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa yang bersumber dari APBN. Sekarang bagaimana kita mampu melihat dan nenangkap peluang tersebut.

Melalui program pemberdayaan yang didanai dari Dana Desa diharapkan desa punya terobosan inovasi agar para pelaku UMKM dapat tumbuh dan berkembang melalui berbagai program kegiatan yang produktif dan tepat sasaran.

Optimalkan juga peran Bumdes yang ada dengan menyiapkan manajemen dan SDM yang profesional melalui berbagai pelatihan dan study banding pada Bumdes yang sudah berkembang baik semisal di Desa Nita, demikian lanjut Camat .

"Namum hal awal yang menjadi "PR" Kepala Desa adalah terus intens menbangun koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Sikka terkait upaya pembebasan lahan akses jalan masuk menuju pantai koka tersebut," ujar dia.

Baca juga: Wisata Flores, Promosikan Potensi Kabupaten Ngada, BPOLBF akan Gelar Wolobobo Ngada Festival 2022

Dari data dan informasi yang disampaikan oleh Penjabat Kepala Desa Wolowiro bahwa sejak tahun 2020 upaya pembebasan lahan telah dilakukan dengan mendata para pemilik serta luas lahannya dan itu telah disampaikan ke Bupati Sikka dan Dinas terkait namum belum bisa terealisasi akibat kondisi pandemi Covid 19 saat itu.

Camat juga berpesan agar sebagai Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) Kepala Desa tidak gegabah, ikuti mekanisme yang telah ada baik itu terkait penyusunan dokumen perencanaan pembangunan desa maupun teknis pengelolaan keuangan desa sesuai dengan Peraturan perundangan yang berlaku.

"Sudah banyak kasus terkait penyalagunaan keuangan desa yang harus menjadi evaluasi dan pembelajaran bagi para Kepala Desa," pesan dia.

Mengakhiri sambutannya, kepada mantan penjabat Kepala Desa, Camat Arkadius menyampaikan apresiassi dan terima kasih atas pelaksanaan tugas dan tanggungjawab yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 2 tahun menjabat.

Berita Sikka lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved