Berita Sikka

Pria Asal Flores Timur Sembuh dari Malaria, Ini Pesan dr. Asep Purnama di RSUD Tc Hillers Maumere

Pria kelahiran tahun 1996 ini awalnya, diketahui menderita malaria falciparum di Puskesmas Boru, kemudian dirujuk ke RSUD dr Hendrikus Fernandes.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / MARIA MANGKUNG
SAMPAIKAN PESAN - Dokter Asep Purnama menggunakan masker berwarna putih sambil menunjukan kedua jempol tangannya kepada Fiktorius Rano Tukan di ruang Angrek nomor 2B, RSUD dr. TC Hillers Kabupaten Sikka, Selasa 6 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Ria Mangkung

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Fiktorius Rano Tukan, pria asal Hokeng, Kelurahan Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr. TC. Hillers akhirnya sembuh dari penyakit Malaria berat, Selasa 6 September 2022.

Pria kelahiran tahun 1996 ini awalnya, diketahui menderita malaria falciparum di Puskesmas Boru, kemudian dirujuk ke RSUD dr Hendrikus Fernandes, Larantuka, karena kesadarannya menurun.

Setiba di RSUD dr. Hendrikus Fernandes, ternyata Rano juga mengalami komplikasi berupa gangguan ginjal sehingga dirujuk ke RSUD dr. TC Hillers, Maumere untuk dilakukan cuci darah (hemodialisis).

Setelah dilakukan assesment di UGD RSUD TC Hillers, ternyata Rano benar-benar sedang menderita malaria falciparum dengan komplikasi berbagai organ (malaria berat).

Baca juga: Bank NTT Serahkan Rp 400 Juta untuk Sukseskan Pesparani di Kota Kupang

 

Menurut dr. Asep Purnama Sp.D, Rano menderita penyakit malaria falciparum dengan komplikasi berupa gangguan Kesadaran dan kelemahan separuh tubuh (Malaria Otak), gangguan Hati, sehingga menyebabkan mata menjadi kuning dan gangguan Ginjal, sehingga memerlukan cuci darah.

Selain itu Rano juga mengalami pecahnya sel darah merah yang masif, sehingga kencingnya berwarna kehitaman dan disertakan perdarahan saluran cerna.

"Kami melakukan penanganan intensif, dengan pemberian suntikan artesunat (obat malaria) sebanyak 6 kali,  menjalani 3 kali cuci darah, transfusi 3 kantong darah dan berbagai tata laksana lainnya," jawab Asep Purnama.

Berkat kerja sama para tenaga medis di RSUD dr. TC Hillers pria lajang ini akhirnya lolos dari keganasan plasmodium falciparum, penyebab malaria tropika.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved