Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Hari Ini Jumat 9 September 2022, Jangan Cepat Menghakimi Orang Lain

Mari kita simak Renungan Harian Katolik Hari Ini Jumat 9 September 2022. Tema Renungan Harian Katolik hari Ini Jangan Cepat Menghakimi Orang lain.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans. Jangan lupa baca Renungan Harian Katolik Hari Ini Jumat 9 September 2022, Jangan Cepat Menghakimi Orang Lain. 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak Renungan Harian Katolik Hari Ini Jumat 9 September 2022.

Tema Renungan Harian Katolik Hari Ini yaitu Jangan Cepat Menghakimi Orang Lain.

Renungan Harian Katolik Hari Ini dibawakan oleh Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

SEMANGAT PAGI, dalam bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Hal Menghakimi (Luk. 6: 39 -42).

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 8 September 2022, Santa Perawan Maria Melahirkan Penebus Kita

 

Dalam kehidupan kita sehari-hari, sering kali kita mudah atau cepat sekali untuk melihat kesalahan, kejelekan, keburukan, orang lain. Tidak hanya melihat dengan cepat, tetapi juga sering kali mudah atau cepat menuduh atau menuding atau mengkambinghitamkan orang lain, juga menjelek jelekan orang lain, atau juga menggosipkan orang lain dengan hal hal yang buruk, seolah olah diri kita jauh lebih suci, lebih saleh, lebih alim, lebih sempurna dari orang lain.

Namun, Yesus mengingatkan kita: " hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu".

Atau Yesus mau mengatakan kepada kita untuk introspeksi diri terlebih dahulu, sebelum kita mengoreksi diri orang lain. Sebab, jangan sampai satu jari telunjuk kita menunjuk ke orang lain, tetapi empat jari yang lain menunjuk ke arah diri kita sendiri.

Oleh karena itu, dari pada kita mengurus diri orang lain, sebaiknya kita membenahi atau menata diri kita sendiri. Atau sebelum kita mau mengubah diri orang lain, sebaiknya kita mengubah diri kita sendiri terlebih dahulu.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini Kamis 8 September 2022, Menjadi Rekan Kerja Allah

Siapa tahu ketika hidup dan diri kita sudah berubah sesuai harapan, maka bisa jadi akan menjadi inspirasi bagi orang lain juga untuk berubah. Jadi, jangan pernah mau mengubah hidup dan diri orang lain, selagi hidup dan diri kita belum berubah.

Dan agar kita mau berubah, yang perlu dilakukan, sebagai berikut: pertama minta kepada Tuhan, melalui doa, agar Tuhan mau mengubah hidup dan diri kita. kedua membuat niat atau komitmen dengan penuh kesadaran untuk berubah.

ketiga lakukan segera, dan jangan menunda -nunda untuk berubah. keempat belajar untuk setia dan konsisten untuk berubah melalui komitmen yang dibuat. Semoga demikian.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved