Berita Lembata

Rp 70 Triliun Potensi Perikanan Lembata dan Flotim  

Gebernur NTT,Viktor Laiskodat mengatakan wilayah perikanan Lembata dan Flores Timur memiliki potensi perikanan senilai Rp 70 triliun.

Editor: Egy Moa
DOK.HUMAS NTT
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menyampaikan sambutan pada rapat kerja di Kabupaten Lembata,Jumat 9 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Irfan Hoi

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG- Kabupaten Lembata dan Flores Timur (Flotim) disebut bakal menjadi daerah dengan perkembangan yang sangat maju. Kedua daerah itu bahkan memiliki potensi menghasilkan hingga Rp 70 trilun dari sektor kelautan dan perikanan. 

"Lembata dan Flores Timur akan terbang tinggi. Wilayah dengan penangkapan perikanan terukur, Lembata dan Flores Timur masuk dalam desain itu. Rp 70, triliun ini uang besar ini," kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Lembata, Jumat 9 September 2022 lalu. 

Ia mengatakan kedua kabupaten ini bisa menjadi lumbung ikan nasional selain Laut Arafura dan Banda. Desain Kementrian Perikanan RI, salah satu titik lumbung perikanan Indonesia adalah dua wilayah ini. 

Mantan anggota DPR itu  mengaku dalam waktu dekat ia akan berangkat ke Jakarta untuk menindaklanjuti rencana pengembangan kawasan perikanan di Flotim dan Lembata.Daerah ini pertumbuhan ekonominya akan luar biasa. Tempat ini tempat hebat.

Baca juga: LIVE STREAMING: Bintang Timur vs Perserond Rote Ndao El Tari Memorial Cup 2022 di Lembata

Dalam setahun, kawasan perikanan dan kelautan dari dua tempat itu mampu menyumbang 70 trilun. Namun, dalam pengerjaan, menurutnya tidak bisa dikerjakan sendiri. 

Karena itu, kata dia, perlu ada diskusi bersama antar semua pihak. Viktor menyebut, laut Banda, Arafura dan Flotim serta Lembata, akan menjadi satu-satu kesatuan desain. Namun, khusus di dua Kabupaten ini, harus dikerjakan sendiri. 

"Jadi kita punya sendiri. Waktu tender kita punya kuota sendiri. Pasti kemungkinan jalan 2023 barang ini," sebut dia lagi. 

Baginya ini merupakan kekayaan. Dua kabupaten 'kakak-beradik', itu, menurut Viktor, akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi besar. Karena itu, ia berharap adanya kerja yang benar.

Baca juga: Persami Mania Tiba di Lembata Dukung Persami Maumere Lawan Persematim di El Tari Memorial Cup 2022

Selain itu,Viktor juga menginginkan agar adanya penanaman jagung, Sorgum hingga kelor perlu dikerjakan di daerah ini. Sebab, kawasan ini juga cocok dengan tanaman seperti ini. 

Kepala desa hingga para kepala OPD diharapkan mampu menerjemahkan arahan ini agar mampu mengatasi kemiskinan dan stunting yang ada di NTT. 

Berita Lembata lainnya

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved