Berita NTT

Darius Sambangi Kantor Pelni, Sampaikan Keluhan Selisi Harga Tiket di Loket Pelni & Agen yang Mahal

Akan tetapi komitmen fee tersebut bukan berasal dari harga tiket yang dinaikan agen sebagaimana yang dikeluhkan penumpang.

Penulis: Gordy Donovan | Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-OMBUDSMAN NTT
DISKUSI - Kepala Ombudsman perwakilan NTT, Darius Beda Daton, mengunjungi loket layanan tiket dan menemui Kepala PT Pelni Cabang Kupang, Anton G di ruang kerjanya jalan Pahlawan Fontein Kupang, Rabu 14 September 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Kepala Ombudsman perwakilan NTT, Darius Beda Daton, mengunjungi loket layanan tiket dan menemui Kepala PT Pelni Cabang Kupang, Anton G di ruang kerjanya jalan Pahlawan Fontein Kupang, Rabu 14 September 2022.

Kunjungan ini antara lain dalam rangka memperoleh informasi terkait kemudahan layanan e-tiket PT Pelni dan menyampaikan beberapa keluhan para penumpang kapal-kapal Pelni terutama para penumpang yang membeli tiket di Maumere, Kabupaten Sikka.

"Kami menerima informasi dan keluhan dari para calon penumpang kapal Pelni di Maumere bahwa harga tiket di tingkat agen lebih mahal dengan selisih mulai Rp 20.000 – Rp 35.000 untuk semua daerah tujuan/penumpang. Ini belum termasuk jika membeli tiket melalui para calo yang akan mengalami lonjakan harga tiket namun terpaksa dibeli,"ujar Darius kepada TRIBUNFLORES.COM Rabu petang.

Baca juga: Calon Penumpang Kapal di Maumere Keluhkan Selisih Harga Tiket di Loket Pelni dan Agen Mahal

 

Kepada dirinya Kepala PT Pelni Cabang Kupang menginformasikan bahwa benar PT Pelni saat ini bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menjadi agen penjualan tiket demi mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat calon penumpang.

Di Kota Kupang, PT Pelni bekerja sama dengan tiga agen penjualan tiket. Kerja sama pihak ketiga tersebut dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama dengan komitmen fee per penumpang sebesar Rp 10.000 menjadi hak agen.

Akan tetapi komitmen fee tersebut bukan berasal dari harga tiket yang dinaikan agen sebagaimana yang dikeluhkan penumpang.

Harga tiket kapal Pelni yang terjual harus tetap sama jika dibeli melalui aplikasi atau di loket PT Pelni karena harga itu sudah termasuk komitmen fee sebesar Rp 10.000 yang menjadi hak pihak ketiga.

Baca juga: LIVE STREAMING : PSN Ngada vs Persada Sumba Barat Daya El Tari Memorial Cup 2022

"Dengan demikian tidak dibenarkan pihak agen menaikan harga tiket sebagaimana yang dikeluhkan di Maumere,"ujarnya.

Kata Darius jika terbukti agen menaikan harga tiket sesukanya maka PT Pelni bisa menghentikan kerja sama tersebut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved