Berita Manggarai Barat

Angka Stunting di Manggarai Barat Naik 15,89 Persen

Bupati Manggarai Barat,Edi Endi menyoroti angka stunting di wilayahnya naik 15,89 persen, lebih tinggi dari keadaan pada periode sama tahun lalu.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/BERTO KALU
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi saat diwawancarai,Kamis 15 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Berto Kalu

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO- Kemiskinan dan kurangnya kesadaran masyarakat merupakan dua faktor tingginya  angka stunting di Kabupaten Manggarai Barat. Angka stunting di Manggarai tercatat 15,89 persen, naik jika dibandingkan periode yang sama 2021.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Kamis 15 September 2022 menjelaskan kemiskinan dan kurangnya kesadaran masyarakat menjadi faktor yang menyebabkan stunting di Mabar mengalami kenaikan.  Ia bertekat menurunkan pada tahun 2023.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Mabar berkomitmen  menyelesaikan permasalahan tersebut secara bertahap, masalah kemiskinan harus jadi prioritas utama pemerintah. 

"Untuk meretas angka stunting, pertama kita selesaikan dulu kemiskinannya, kalau kemiskinan sudah selesai baru kita lakukan edukasi supaya ada kesadaran. Misalnya ibu yang sementara hamil dan juga anak balita didorong untuk diberikan makanan yang bergizi, " ungkapnya.

Baca juga: El Tari Memorial Cup, Persena Protes ke Asprov PSSI NTT Soal Dugaan Manipulasi Data Pemain Persada

Edi Endi juga menyoroti tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah, salah satunya pemberian ASI kepada anak yang tidak sampai anak berumur dua tahun. 

"Begitu sudah dia tiga bulan, dia (ibu) tidak lagi memberikan ASI kepada anaknya, termasuk makanan juga dia tidak masak tetapi beli mie instan. Inilah faktor yang membuat stunting di Kabupaten ini angkanya 15,89 persen, " jelas dia.

Faktor penyumbang angka 15,89 pada kasus stunting di Manggarai Barat tak terlepas dari warga setempat yang telah kembali dari perantauan. 

"Masyarakat yang selama ini berdomisili di Papua atau Kalimantan di tiga bulan terakhir ini mereka pulang, mereka punya andil, sehingga angka stunting di Manggarai Barat mengalami kenaikan, " ujarnya.

Baca juga: Video Viral di Medsos, Wisatawan Terbangkan Drone di Pulau Kalong Manggarai Barat, Pius: Dilarang

Edi Endi berkomitmen, di bulan Februari tahun 2023 angka stunting di Manggarai Barat berada di bawah 15 persen, menjadi 12 persen. 

"Kami berkomitmen di Februari nanti angka stunting di Manggarai Barat di bawah 15 persen, target kita dibawah 12 persen, mohon dukungannya, " pungkas Edi Endi. 

Berita Manggarai Barat lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved