Berita Flores Timur

Pelajar MAS AL-Hidayah Wewit Wakili NTT Lomba KSM Mata Pelajaran Kimia

Siswa MAS Al-Hidayah Wewit,Fitrah Yanti Abas berhasil menjadi juara pertama Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi bidang studi Kimia.

Editor: Egy Moa
DOK.HUMAS MAS AL-HIDAYAH WEWIT.
Fitrah Yanti Abas didampingi guru Kimia,Solahudin Al-ayyubi dan Kepala MAS Al-Hidayah, Saleh Zakaria (Humas MAS AL-Hidayah Wewit) 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUNFLORES.COM,LARANTUKA-MAS Al-Hidayah Wewit di Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur (Flotim) kembali menoreh prestasi. Duta MAS Al-Hidayah Wewit, Fitrah Yanti Abas berhasil menjadi juara pertama Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi bidang studi Kimia diselenggarakan 10-11 September 2022.

Kepala MAS Al-Hidayah Wewit, Saleh Zakaria, S.Pd mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memperhatikan MAS Al-Hidayah Wewit. Terimakasih khusus kepada semua guru terutama guru pembimbing mata pelajaran kimia atas kerja kerasnya, sehingga prestasi ini dapat tercapai," ujarnya kepada wartawan, Kamis 15 September 2022.

Menurut Saleh, prestasi yang diraih Fitrah Yanti Abas merupakan langkah awal untuk memperkenalkan MAS Al-Hidayah Wewit. MAS Al-hidayah Wewit yang berada di kampung, tapi tidak kampungan dalam prestasi. Prestasi, kata dia, tidak dilihat pada sarana dan prasarana yang memadai, namun terletak pada bagaimana cara kita melakukan hal terbaik meski dalam kekurangan.

Baca juga: Kejari Flotim Tetapkan Sekda Flotim Tersangka, Ini Respon Pjs Bupati Flores Timur Doris Rihi

Sekretaris Komite MAS Al-Hidayah Wewit, Adam Tajudin mengatakan KSM merupakan ajang berkompetisi bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Kompetisi Sains Madrasah diikuti oleh satuan pendidikan di bawah naungan Kemeterian Agama bertujuan untuk menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang sains.

Ia juga memberi apresiasi kepada Fitrah Yanti Abas atas prestasi yang telah dicapai dan tidak berbesar hati, karena perjuangan belum selesai.

"Lebih giat dalam belajar agar bisa bersaing di tingkat nasional. Terimakasih kepada keluarga besar MAS Al-Hidayah Wewit terutama tenaga pendidik yang telah dengan sabar menghadapi situasi dan kondisi yang ada di MAS Wewit yang masih penuh dengan kekurangan fasilitasnya. Dengan semangat mengabdi dalam mendidik serta mencerdaskan generasi bangsa (Lewotana), yakin bahwa Allah SWT tidak buta dalam melihat ketulusan tenaga pendidik sekalian dalam menjalankan amanah," ungkap Kepala Desa Nubalema ini.

Ketua Harian Yayasan Al-Hidayah Wewit, Ramadhan Ismail, S.Sos mengaku bangga dan terharu, karena MAS Al-Hidayah Wewit baru seumur jagung dan baru pertama menjadi peserta kompetisi sains madrasah, tapi mampu memperoleh juara I mata pelajaran kimia.

Baca juga: Rp 1,5 Miliar Dana Covid-19 Kabupaten Flores Timur Tanpa Bukti Pertanggungjawaban

"Ini sangat mengharumkan nama madrasah dan kabupaten Flores Timur di tingkat propinsi dan nasional. MAS Al-Hidayah Wewit baru 3 tahun berjalan tapi mampu berkompetisi dengan madrasah lain baik negeri maupun swasta yang sudah lama berdiri baik yang ada di kabupaten Flores Timur maupun di NTT," katanya.

Sebagai pengurus yayasan, ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pendidik yang telah dengan ikhlas mendidik, terutama kepada guru bidang studi Kimia, Salahudin Al-Ayubi yang mampu memberikan yang terbaik kepada Lewotana dan madrasah.

"Semoga dengan prestasi ini tidak membuat sombong melainkan tetap rendah hati dan tetap terus belajar agar mampu mempertahankan prestasi pada ajang yang sama di tahun-tahun mendatang. Untuk guru bidang studi kimia agar terus memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan persiapan pada KSM tingkat nasional nanti," pesannya.

Ia berharap agar kementerian agama baik kabupaten, propinsi dan kementerian agama RI agar bisa memberi penghargaan bagi peserta yang sudah lolos ke tingkat nasional.

Baca juga: El Tari Memorial Cup 2022, Kemenangan Perseftim Flores Timur Diwarnai Ricuh, Suporter Masuk Lapangan

Untuk diketahui, siswi berprestasi yang mereka anak dari pasangan Abas Kopong dan Nur Syafika Surat Hoda ini akan kembali berkompetisi di ajang KSM tingkat nasional mewakili NTT pada tanggal 10-14 Oktober 2022.

Berita Flores Timur lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved