Berita Manggarai Timur

Heremias Dupa dan Siprianus Habur Bersaing Pemilihan Calon Wakil Bupati Matim

Panitia pemilihan calon Wakil Bupati Matim telah menetapkan Heremias Dupa dan Siprianus Habur bersaing dalam pemilihan mengisi sisa masa jabatan.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Wakil Ketua Panitia Pemilihan Wabup Manggarai Timur, Damu Damianus.  

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Panitia Pemilihan Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur dalam sisa  jabatan 2019-2024 telah resmi menetapkan dua orang nama Calon Wabup Manggarai Timur. Kedua nama calon Wabup (Cawabup) itu yakni Heremias Dupa dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Siprianus Habur dari PBB.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Panitia Pemilihan Wakil Bupati  Manggarai Timur, Damu Damianus, kepada TRIBUNFLORES.COM, Selasa 20 September 2022. Damu menerangkan, panitia pemilihan telah menetapkan kedua nama tersebut pada  Jumat 16 September 2022.

Penetapan kedua nama tersebut setelah dinyatakan berkas masing-masing Calon lengkap dan sudah mengundurkan diri dari jabatan sebagai anggota DPRD. 

"Jadi ada berita bahwa ada calon yang belum lengkap berkasnya, namun sudah ditetapkan olehpPanitia itu tidak benar. Karena penetapan calon harus persyaratan lengkap dan mengundurkan diri dan ini sudah dijalani oleh masing-masing kedua calon ini, apalagi semua proses dilakukan secara terbuka,"tegasnya.

Baca juga: BPBD Matim Salurkan Bantuan Tunai 14 Keluarga Korban Kebakaran Rumah

Lanjut Damu, setelah dilakukan penetapan calon oleh panitia pemilihan, pada Senin 19 September 2022 telah dilaksanakan rapat paripurna DPRD pengumuman calon. Selanjutnya hari ini akan dilaksanakan pengundian nomor. 

Damu juga mengatakan, selanjutnya akan dilakukan pemilihan oleh anggota DPRD sesuai regulasi. Pemilihan direncanakan akan berlangsung pada tanggal 23 September 2022 dari awalnya diagendakan pada tanggal 27 September 2022.

"Kalau tidak ada halangan dalam agenda pemilihan kita pada tanggal 23 September 2022 pekan ini,"ujarnya.

Ditanya bagaimana untuk menjaga profesional dalam pemilihan karena pemilihan dilaksanakan oleh anggota DPRD, kata Damu, diharapkan karena pemilihan melalui anggota DPRD, maka tunjukkan pemilihan bermartabat.

Baca juga: Persematim Tersisih di El Tari Memorial Cup Lembata 2022, Ini Kata Ketua Askab PSSI Manggarai Timur

Damu juga menjelaskan, secara regulasi dilakukan pemilihan kembali Wakil Bupati Sisa Jabatan 2019-2022, karena jabatan Wakil Bupati saat ini lowong. Sesuai regulasi jika sisa masa jabatan yang ditinggalkan minimal 18 bulan ke atas. 

Jabatan Wabup sebelumnya dijabat oleh Alm Jaghur Stefanus telah meninggal dunia pada bulan Maret 2022 lalu. Karena itu dilakukan pemilihan Wabup untuk mendampingi Bupati Agas Andreas dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Manggarai Timur di sisa jabatan tersisa. 

Berita Manggarai Timur lainnya
 

 
 
 
 

 
 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved