Berita Ende

Tim Pora Ende Gelar Rakor, Harus Awasi Pergerakan Orang Asing

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Ende, Erikos Emanuel Rede di Aula Hotel Grand Wisata Ende, Kamis 22 September 2022.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-IMIGRASI
RAKOR - Tim Pora Ende Gelar Rakor, Harus Awasi Pergerakan Orang Asing, September 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, ENDE - Dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan dan pergerakan orang asing di wilayah Kabupaten Ende, Kantor Imigrasi Kelas IITPI Maumere, dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Marciana Dominika Jone mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) wilayah Kab. Ende

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Ende, Erikos Emanuel Rede di Aula Hotel Grand Wisata Ende, Kamis 22 September 2022.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT Marciana Dominika Djone, Kepala Sub Bidang Inteligen Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Rudi sari'ie, bersama Rombongan. Dan beberapa Kepala Satuan Kerja serta pejabat Eselon Pemerintah kabupaten Ende.

Baca juga: Perempat Final El Tari Memorial Cup, Pendukung Persebata Lembata Masuk Lapangan Saat Adu Penalti

 

Dalam sambutannya Erikos menyampaikan, bahwa keberadaan Orang Asing di wilayah Hukum kita khususnya di wilayah Ende perlu Perhatian Serius.

Sebagai wilayah yg strategis dan pusat Pariwisata, Ende sangat berpotensi untuk dibocengi oleh Pihak lain secara Ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya ; kejahatan kemanusiaan dll.
Erikos Menambahkan bahwa kehadiran Orang Asing maupun Investor Asing sangat dibutuhkan sepanjang membawa Manfaat bagi pembangunan Daerah.

Kehadiran TIM PORA menjadi sangat Penting sebagai wadah pertukaran informasi dan juga untuk mengatasi berbagai persoalan yg di timbulkan oleh kehadiran orang Asing tersebut, Tegas Erikos

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere Eko Julianto Rachmat dalam laporannya menyebutkan, tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terlaksananya pelaporan orang asing yang ekfektif dan efisien dengan data yang valid dan akurat di wilayah Kab. Ende

Sedangkan, Rudi sari'ie, selaku Kepala Sub Bidang Inteligen Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, menyampaikan, bahwa setiap anggota Tim PORA harus proaktif melaporkan setiap WNA yang dicurigai melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan undang-undang keimigrasian.

Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, membentuk TIM PORA di setiap tingkat Pemerintahan untuk mengawasi Keberadaan Orang Asing.

Baca juga: Hasil Perempat Final El Tari Memorial Cup, Gol Penalti Selamatkan Persebata Lembata dari Persami

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved