Berita Nagekeo

Patelki Nagekeo Gelar Baksos, Periksa Gula Darah Lansia & Senam Bersama di Desa Wisata Tububhada

Patelki Nagekeo Bakti sosialdi Desa Wisata Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo. Patelki Nagekeo gencar kampanyekan hidup sehat.

Penulis: Gordy Donovan | Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-VIKTORIA
BAKSOS PATELKI NAGEKEO - Kegiatan Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu oleh Patelki Nagekeo di Pelataran Desa Tutubhada Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Jumat 23 September 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MBAY - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (Patelki) Nagekeo melaksanakan Bakti Sosial (Baksos).

Bakti sosial dilaksanakan di Desa Wisata Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Jumat 23 September 2022.

Bentuk kegiatan bakti sosial yaitu pemeriksaan gula darah gratis bagi Lansia di Posbindu Tutubhada dan pemeriksaan rapid diagnostic tes Malaria bagi anak kelas I-3 Sekolah Dasar.

Ketua DPC Patelki Nagekeo, Viktoria Yuliana Tea Nou, S.ST menjelaskan Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan factor resiko penyakit tidak menular meliputi meroko, konsumsi minuman alcohol, pola makan yang tidak sehat, kurang aktifis fisik , obesitas, strrs , hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindaklanjuti secara dini factor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Baca juga: BREAKING NEWS: Pertandingan Perse Ende Vs Perseftim Ricuh, Suporter Lempar Batu hingga Bongkar Bench

 

"Seperti yang kita ketahui jika penyakit yang paling banyak diderita orang LANSIA dalam riset kesehatan Dasar 2007 adalah penyakit sendi, tekanan darah tinggi, katarak, stroke dan jantung. Upaya – upaya deteksi penyakit LANSIA selama ini dilakukan melalui POSBINDU LANSIA,"ujar Viktoria saat menghubungi TRIBUNFLORES.COM Jumat siang.

Viktoria menjelaskan kegiatan POSBINDU ptm ini untuk menjaga dan memantau kesehatan lansia dengan tujuan untuk pengecekan kesehatan lansia dan pra lansia supaya lansia selalu sehat sehingga penanganan cepat jika timbul resiko yang lebih serius.

Bakti sosial Patelki Nagekeo dilaksanakan di Desa Wisata Tutubhada
PATELKI NAGEKEO BAKSOS - Bakti sosial Patelki Nagekeo dilaksanakan di Desa Wisata Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Jumat 23 September 2022.

"Lansia Desa Tutubhada setelah senam, penyuluhan dilanjutkan dengan penimbangan berat badan Lansia, Pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan gula darah sewaktu,"ujarnya.

Viktoria juga menjelaskan pemeriksaan Malaria dengan mikroskop atau dengan rapid diagnostic test (RDT) direkomendasikan untuk semua pasien yang dicurigai menderita malaria.

RDT malaria sangat bermanfaat terutama di daerah dengan pelayanan mikroskopis kurang memadai. Hal ini meningkatkan penggunaan RDT sebagai sarana diagnostik malaria baik di daerah endemis dan non endemis.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved