Berita Manggarai Barat

Konser Suara 1.000 Sasando di Labuan Bajo Dipadati Masyarakat dan Wisatawan

Konser 1.00 suara Sasando di Waterfront Marina Labuan Bajo,Pulau Flores ramai dikunjungi warga dan wisatawan.Sejak sore mereka sudah memadati arena.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/BERTO KALU
Masyarakat memadati area Waterfront Marina Labuan Bajo jelang konser Suara 1000 Sasando. Konser ini akan dihadiri Ibu Negara Iriana Jokowi. Rabu 28 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES .COM, Berto Kalu

TRIBUNFLORES.COM,LABUAN BAJO-Kawasan Waterfront Marina Labuan Bajo di Pulau Flores mulai dipadati masyarakat jelang Konser Suara 1000 Sasando, Rabu  28 September 2022.  Sejak sore, masyarakat mulai berdatangan memadati lima zona tribun lokasi konser. 

Sebagian besar dari penonton berjalan kaki bersama rombongan. Para pengunjung ini sengaja tak memarkir kendaraan di komplek Waterfront Marina agar tak terkena macet. 

Alhasil, untuk mencapai lokasi acara, mereka pun harus berjalan kaki sekitar 500 meter. Bukan hanya masyarakat lokal, wisatawan mancanegara pun terlihat datang untuk menonton pertunjukan alat musik dari Pulau Rote itu. 

Masyarakat yang ingin masuk ke area Waterfront pun harus diperiksa terlebih dahulu oleh aparat gabungan TNI dan Polri.

Baca juga: Ibu Negara Iriana Jokowi Berkunjung ke Labuan Bajo, Ini Jadwal Kegiatannya di Manggarai Barat

Disekitar lokasi, aparat gabungan  berjaga serta memeriksa setiap masyarakat yang ingin masuk ke area Waterfront Marina. Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres juga terlihat mulai mensterilkan lokasi acara. 

Indri, salah satu masyarakat mengaku sangat antusias menyaksikan konser suara 1000 Sasando itu. Ia bahkan rela datang 3 jam sebelum acara dimulai. 

"Tadi datang jam 4 karena takut tidak dapat tempat, " ujar warga Waemata Kecamatan Komodo Manggarai Barat itu. 

Indri yang datang bersama keluarga itu berharap, konser Suara 1.000 Sasando ini berjalan sukses dan alat musik tradisional NTT semakin dikenal terutama bagi turis mancanegara.

Baca juga: Prima Hotel dan Golo Hilltop Hotel Raih Penghargaan BPS Manggarai Barat

"Semoga Sasando makin dikenal luas, dan tugas kita sebagai masyarakat NTT adalah untuk terus melestarikan budaya yang kita miliki, " ucapnya. 

Sebagai infromasi, Konser Suara 1000 Sasando ini akan dihadiri langsung Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Ibu-ibu anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). 

Pengamat Budaya, Dr. Watu Yohanes Vianey, Rabu 28 September 2022  mengatakan konser Sasando  bukan hanya melayani aktualisasi  sukacita musik sebagian  manusia, tetapi juga melayani hasrat kapitalisme budaya dari segelintir kelompok sosial. 

Dikatakanya, industri pariwisata yang kapitalistik dan superliberal, eviden mengkhianati pariwisata berbasis masyarakat lokal. Dengan demikian konser musik dengan penggunaan alat musik postmodern Sasando rasanya memperkaya para patron alat musik bersangkutan dan menghibur mereka yang dihegemoni oleh rezim  industri wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Baca juga: Wisata Flores, Menikmati Keindahan Pulau Kanawa di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores NTT

Pemerintah Republik Indonesia wajib mengemban amanat UU 45 untuk melestarikan puncak-puncak budaya etnik dan menjadikannya sebagai warisan Nusantara.

"Saya berharap  alat musik Sasando itu sanggup mengiringi folksong orang Manggarai yang memiliki keunikan ekspresi nada dan irama keseniannya," ujar Vianey.

Berita Manggarai Barat lainnya


 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved