Berita Manggarai

Petani Kampung Cumbi di Manggarai Tak Lagi Panen Bunga Cengkeh

Semenjak dua tahun yang lalu petani di Kampung Cumbi Kecamatan Ruteng,Kabupaten Manggarai tak lagi memanen bunga cengkeh yang menjadi andalannya.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Pohon cengkeh yang dibudidayakan petani tidak berbuah, Rabu 28 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Petani di Kampung Cumbi, Desa Cumbi, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai mengeluhkan tanaman cengkeh yang dibudidayakannya tidak berbuah. 

Vitalis salah seorang petani di Kampung Cumbi, kepada TRIBUNFLORES.COM, Rabu 28 September 2022, mengatakan tanaman cengkeh yang ia budidayakan di kebunnya tidak berbuah dalam dua tahun belakangan. 

"Saya panen terakhir itu pada musim panen tahun 2018, namun setelah itu produksinya makin berkurang dan dua tahun terakhir sama sekali tidak berbuah,"ujarnya. 

Vitalis mengatakan, tanaman cengkeh merupakan salah satu penghasilan untuk menopang kebutuhan ekonomi keluarga, namun kini cengkeh tidak berbuah penghasilan ekonomi mereka berkurang.

Baca juga: Ibu Negara Iriana Jokowi Berkunjung ke Labuan Bajo, Ini Jadwal Kegiatannya di Manggarai Barat

" Dengan cengkeh tidak berbuah ini, ekonomi kita semakin memprihatinkan. Andalan kita saat ini hanya mengharapkan hasil produksi dari tanaman cengkeh, namun produksinya juga menurun sekali, karena kurang berbuah kopi musim ini,"ujar Vitalis. 

Martin petani  yang lainya juga menyampaikan hal yang sama. Martin mengatakan mereka tidak mengetahui apa penyebabnya sehingga cengkeh dan kopi tidak berbuah bahakan tidak berbuah sama sekali. 

"Kita tidak tahu apa alasanya sehingga tanaman ini tidak berbuah dan khusus kopi juga buahnya berkurang sekali. Mungkin karena cuaca yang tidak menentu ini seperti hujan secara terus menerus, angin dan panas ini,"ungkapnya.

Sementara itu pantauan TRIBUNFLORES.COM di sejumlah kebun cengkeh dan kopi di Kampung Cumbi sama sekali tidak berbunga. Sedangkan untuk tanaman kopi tanpak ada pohon yang sedang berbuah dan ada yang sedang berbunga, namun tidak terlihat semua pohon. 

Berita Manggarai lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved