Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Hari Rabu 28 September 2022, Totalitas dalam Mengikuti Yesus

Renungan Harian Katolik Hari ini dibawakan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
RENUNGAN HARIAN KATOLIK - Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans. Tema Renungan Harian Katolik Hari ini yaitu Totalitas Dalam Mengikuti Yesus. 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Renungan Harian Katolik Hari Rabu 28 September 2022

Tema Renungan Harian Katolik Hari ini yaitu Totalitas Dalam Mengikuti Yesus.

Renungan Harian Katolik Hari ini dibawakan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Rabu 28 September 2022, Lengkap dengan Mazmur Tanggapan

 

SEMANGAT PAGI, dalam bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Hal Mengikut Yesus (Luk. 9: 57 - 62). Dewasa ini panggilan khusus untuk menjadi imam, biarawan/i sangat sedikit dibandingkan dengan panggilan umum untuk hidup berkeluarga.

Dan yang miris adalah sudah sedikit, namun tak sedikit pula yang meninggalkan imamat atau pun kaul kaul nya.

Oleh karena itu, sering kali kita mendengar ditelinga kita ada orang yang mengatakan bahwa terjadi atau adanya krisis panggilan khususnya untuk panggilan khusus. Namun, kalau kita renungkan sesungguhnya yang terjadi adalah bukan KRISIS PANGGILAN, melainkan KRISIS JAWABAN.

Mengapa? Karena setiap saat Tuhan selalu memanggil dari antara para murid dan pengikut Nya, untuk menjadi orang orang yang di khususkan untuk Nya.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 28 September 2022, Mengikuti Yesus Siap Menerima Tantangan Hidup

Namun, yang terjadi adalah tidak adanya respon dari para murid atau pengikut Nya. Sebagaimana dalam Injil hari ini, kalau pun ada respon, namun ada banyak persyaratan, misalnya ijin pergi menguburkan ayahnya, atau ijin pamitan dengan keluarga, dsbnya.

Ada juga yang memang mau mengikuti Yesus, namun tahu motivasinya yang terselubung. Oleh karena itu Yesus menjawab: " serigala mempunyai liang, dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala Nya". Jika demikian, maka sesungguhnya panggilan itu memang anugerah dari Tuhan.

Dia bersabda " bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan sesungguhnya kalau itu adalah anugerah dari Tuhan, maka tidak ada persyaratan, melainkan yang ada hanya SIAP SEDIA dan SETIA dijalan Nya.

Mengapa? Sebab, banyak kali orang orang yang dipanggil secara khusus, tidak mengikuti jalan Tuhan, melainkan jalannya sendiri. Akibatnya, terjadilah krisis jawaban. Artinya bahwa jawaban itu tidak hanya sekali saat awal dipanggil, melainkan sepanjang perjalanan panggilan seseorang harus selalu dibutuhkan jawaban.

Demikian juga dengan panggilan umum, untuk membentuk sebuah keluarga, khususnya keluarga kristiani, juga membutuhkan jawaban terus menerus agar SETIA terhadap janji pernikahan. Akhirnya, baik panggilan khusus maupun panggilan umum, harus SIAP SEDIA dan SETIA memikul salib di jalan salib bersama Yesus.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Hari Selasa 27 September 2022, Lengkap dengan Mazmur Tanggapan

Dia bersabda " setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku" (Luk. 9: 23). Inilah syarat yang disampaikan oleh Yesus.

Dan bukan Kita manusia yang memberi syarat. Maka, mari kita terus menerus memberikan jawaban atas panggilan Tuhan, entah panggilan khusus maupun panggilan umum, sepanjang perjalanan panggilan kita masing-masing. Sebab, ketika terjadi krisis jawaban, maka akan terjadi kehancuran atau chaos.

Semoga kita selalu memberikan jawaban "YA" atas panggilan kita. Mudah-mudahan.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved