Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Kamis 29 September 2022, Mengajak Orang Lain untuk Bertemu dengan Yesus

Tema Renungan Harian Katolik Kamis 29 September 2022, Mengajak Orang Lain untuk Bertemu dengan Yesus.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans. Tema Renungan Harian Katolik Kamis 29 September 2022, Mengajak Orang Lain untuk Bertemu dengan Yesus. 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Renungan Harian Katolik Kamis 29 September 2022.

Tema Renungan Harian Katolik Kamis 29 September 2022, Mengajak Orang Lain untuk Bertemu dengan Yesus.

Tema Renungan Harian Katolik hari dibawakan oleh oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 28 September 2022, Total Ikut Yesus

 

SEMANGAT PAGI, pada hari ini gereja katolik sejagat merayakan Pesta Santo Mikael, Gabriel dan Rafael, Malaikat Agung. Dan Injil hari ini dikisahkan tentang Murid Murid Yesus Yang Pertama (Yoh. 1: 47 - 51). Yang menarik dari kisah Injil hari ini adalah bahwa murid murid Yesus yang pertama, tidak serta merta dipilih langsung oleh Yesus, melainkan juga ada yang diperkenalkan atau diajak oleh saudaranya atau sahabatnya. Misalkan saja Andreas saudara Simon Petrus, mengikuti Yesus karena diperkenalkan oleh Yohanes Pembaptis, Andreas lalu mengajak Simon, Filipus mengajak Natanael atau nama lainnya adalah Bartolomeus.

Natanael artinya Karunia Tuhan. Yang luar biasanya adalah Yesus memuji Natanael sebagai seorang Israel sejati, yang tidak ada kepalsuan. Dan Yesus juga mengatakan bahwa Dia telah melihat Natanael dibawah pohon ara. Dibawah pohon ara bermakna ungkapan Yahudi untuk menggambarkan seseorang yang mempelajari Sabda Allah di kitab suci dalam suasana dan semangat doa.

Pohon ara adalah lambang berkat Allah dan damai sejahtera dari Nya. Pohon ara memberikan naungan dari terik sinar matahari di siang hari dan tempat yang sejuk bagi seseorang untuk melakukan rekoleksi atau retreat dan berdoa. Dan sesuai dengan sabda Yesus, Natanael memang juga kemudian diperkenankan melihat hal hal yang lebih besar, yakni melihat langit terbuka, dan malaikat malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia. Bagaimana dengan kita? Kita pun telah menjadi murid dan pengikut Yesus.

Maka, tugas kita adalah memberikan kesaksian tentang Yesus seperti Yohanes Pembaptis memberikan kesaksian tentang Yesus kepada kedua murid Nya, dan salah satunya adalah Andreas. Selain itu, kita juga harus bisa memperkenalkan Yesus kepada orang lain yang belum mengenal Yesus, seperti yang dilakukan oleh Andreas kepada saudaranya Simon, dan Filipus kepada sahabatnya Natanael atau Bartolomeus.

Dan bagi kita, kita dapat memberikan kesaksian atau memperkenalkan Yesus kepada orang yang belum mengenal Yesus melalui cara hidup, cara bersikap, cara berperilaku, cara bertutur kata dan cara bertindak sebagai murid dan pengikut Yesus. Siapa tahu melalui kesaksian hidup kita, orang lain dapat mengenal dan bertemu serta percaya kepada Yesus.

Barangkali kata kata Mahatma Gandhi ini menjadi cambuk untuk kita, saat ditanya oleh seorang pendeta E. Stanley " sekalipun anda sering mengutip kata-kata Kristus, mengapa anda kelihatannya keras menolak untuk menjadi pengikut Nya!". Jawab Gandhi: " saya tidak pernah menolak Kristus. Saya suka Kristus anda.

Tetapi saya tidak suka dengan orang Kristen anda. Jika orang Kristen benar benar hidup menurut ajaran Kristus, seperti yang ditemukan di dalam Alkitab, seluruh India sudah menjadi Kristen hari ini". Jawaban Gandhi ini, menjadi tantangan sekaligus refleksi yang mendalam bagi kita sebagai murid dan pengikut Yesus Kristus. Amin.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved