Berita Ende

Tekan Angka Kelahiran di Ende, PL KB Maukaro Penyuluhan di Desa Magekapa

Penyuluh berkolaborasi dengan nakes untuk memasang alat kontrasepsi dan juga bersama 10 pasangan usia subur

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/TOMMY MBENU NULANGI
PENYULUH-Penyuluh KB asal Maukaro, Rosina Ernestina Rima memberikan penyuluh KB di Desa Magekapa, 22 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM, ENDE-Dalam rangka menurunkan angka kelahiran di wilayah Kabupaten Ende, penyuluh KB di wilayah itu terus gencar melakukan penyuluhan bagi masyarakat di lapangan.

Salah satu penyuluh yang gencar melakukan penyuluhan KB adalah Penyuluh KB asal Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende, Rosina Ernestina Rima.

Baru-baru ini, tepat pada tanggal 22 September 2022 lalu, wanita kelahiran Woloare 47 tahun silam itu melakukan penyuluhan KB di Dusun Nggemo, Desa Magekapa, Kecamatan Maukaro, Kabupaten Ende.

Baca juga: BREAKING NEWS : Pilkades di Desa Compang Suka Manggarai Barat Ricuh

Di sana, ia berkolaborasi dengan para tenaga kesehatan (tenaga kesehatan) nakes yang khusus untuk memasang alat kontrasepsi dan juga bersama 10 pasangan usia subur.

Setelah melaksanakan penyuluhan, empat pasangan usia subur langsung memutuskan untuk menjadi peserta KB dimana dua pasangan memutuskan untuk memasang implan, sedangkan dua pasangan lainnya melakukan suntik baru.

 

"Kalau yang enam pasangan lainnya belum menjadi peserta karena masih ada bayi yang umurnya belum sampai 40 hari," ungkapnya.

Meski begitu, dirinya terus berupaya agar enam pasangan lain yang belum menjadi peserta KB di desa itu supaya dapat mengikuti program KB sehingga angka kelahiran di Kabupaten Ende terus menurun.

Baca juga: Kapten Perse Ende Unggah Foto Dekap Trofi El Tari Memorial Cup, Ucapannya Terbukti

"Kita terus menawarkan dengan berbagai alat kontrasepsi yang telah dijelaskan selama ini," ujarnya.

Ia mengaku, kesadaran masyarakat Desa Magekapa sangat tinggi terhadap program KB yang ditawarkan. Namun kesadaran harus terus di bangun oleh para penyuluh di lapangan.

"Makanya saya selalu memberikan penyuluhan, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat supaya mereka bisa mengikuti program KB," ungkapnya.

 

 

Ia berharap, dengan adanya kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh para penyuluh, para pasangan usia subur di desa tersebut dapat mengikuti program KB.

"Kita berharap, mereka yang belum mengikuti program KB segera menjadi peserta KB sehingga angka kelahiran bisa kita tekan bersama," ujarnya. (tom)

Berita Ende Lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved