Breaking News:

Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Selasa 4 Oktober 2022, Ora Et Labora

Renungan Harian Katolik Hari Ini dibawakan oleh Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk. Judul Renungan Harian Katolik Hari Ini adalah ORA ET LABORA.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
RENUNGAN HARIAN KATOLIK - Renungan Harian Katolik Hari Ini dibawakan oleh Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk. Judul Renungan Harian Katolik Hari Ini adalah ORA ET LABORA. 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak Renungan Harian Katolik Hari Ini Selasa 4 Oktober 2022.

Judul Renungan Harian Katolik Hari Ini adalah ORA ET LABORA.

Renungan Harian Katolik Hari Ini dibawakan oleh Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Senin 3 Oktober 2022, Syarat untuk Memperoleh Hidup yang Kekal

 

SEMANGAT PAGI, pada hari ini gereja katolik sejagat memperingati Santo Fransiskus Dari Asasi. Dan bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Maria Dan Marta (Luk 10: 38 - 42).

Maria dan Marta adalah dua bersaudari dan memiliki saudara yang bernama Lazarus. Saat Yesus dan para murid Nya dalam perjalanan ke Yerusalem, mereka singgah di rumah Maria dan Marta.

Maka, Marta sibuk melayani para tamu, yakni Yesus dan para murid Yesus, sedangkan Maria saudarinya setia menemani Yesus dan para murid Yesus, bahkan Maria duduk di dekat kaki Tuhan Yesus dan terus mendengarkan Sabda Nya.

Bagi Maria mendengarkan Sabda Tuhan, jauh lebih penting dari pada sibuk dengan urusan duniawi. Namun, Marta juga benar bahwa tamu harus dijamu.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Minggu 2 Oktober 2022, Lengkap Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik

Dan sesungguhnya dua pribadi Maria dan Marta, menggambarkan kehidupan seorang beriman, yakni bahwa disatu sisi manusia sebagai makhluk bekerja (homo faber), maka dia bekerja untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya.

Namun, disatu sisi manusia juga adalah makhluk rohani, maka manusia membutuhkan makanan rohani untuk kehidupan jiwanya. Oleh karena itu, perlunya keseimbangan antara hal jasmani dan rohani. Maka, ora et Labora yang artinya berdoa dan bekerja harus dimiliki oleh seorang yang beriman kepada Tuhan Yesus.

Disatu sisi kita sibuk bekerja, sibuk melayani, sibuk dalam kegiatan sosial, namun jangan lupa semua itu harus bersumber dari hidup doa, bersumber dari Tuhan Sang Sumber segala sesuatu. Oleh karena itu, jangan pernah menggantikan hidup doa dengan bekerja keras. Atau sebaliknya, hanya berdoa dan tidak mau bekerja.

Akan tetapi kerja kita akan bermakna, jika mengawali atau memulainya dalam nama Tuhan dan mengakhirinya juga dalam nama Tuhan. Namun, jika kita harus meninggalkan Tuhan, untuk bertemu dengan Tuhan dalam diri orang papa dan miskin, kata St. Vinsensius a Paulo, itu sangat mungkin.

Maka, mari jadikan spirit pelayanan Marta dan spirit doa Maria menjadi semangat atau spirit kerja dan doa kita, yakni ORA ET LABORA: Berdoa dan bekerja. Akhirnya, semoga pribadi Maria dan Marta menyatu dalam diri kita. Mudah-mudahan.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved