Jadwal Kapal Pelni Maumere

Syarat Syarat Naik Kapal Pelni 2022, untuk Orang Dewasa dan Bayi

Bercermin pada beberapa hal diatas, tentunya jika seseorang ingin menjadi salah satu langganan Pelni ada tata aturan atau syaratnya.

Editor: Nofri Fuka
TRIBUNFLORES.COM/EWAL GELI
KAPAL PELNI KM SIRIMAU-Kapal Pelni KM Sirimau saat sandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Jumat, 30 September 2022 malam. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Tak dapat dimungkiri bahwa peran transportasi laut memiliki efek yang sangat besar dalam memajukan kehidupan ekonomi dan juga mobilitas sosial dalam suatu wilayah.

Hal ini dapat dilihat dari peran salah satu perusahan transportasi laut yakni PT Pelni dalam mendukung perkembangan negara Indonesia dari tahun ke tahun.

Indonesia yang disebut sebagai daerah kepulauan dari masa ke masa terbilang sangat terbantu dengan hadirnya PT Pelni yang bergerak dalam bidang transportasi laut.

Informasi yang dihimpun TribunFlores.com, Selasa 4 Oktober 2022, data yang dirilis tahun 2022 menunjukkan Pelni telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1058 rute pelayaran di seluruh Indonesia.

Baca juga: Penumpang Kapal Pelni KM Bukit Siguntang di Maumere Capai 1000 Orang

 

Badan usaha milik negara (BUMN) itu juga melayani 44 trayek kapal perintis. Kapal kapal perintis Pelni menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3695 ruas rute pelayaran.

Data yang dihimpun di atas dengan sendirinya menggambarkan peran Pelni dalam menunjang kelancaran tranportasi laut di Indonesia.

Bercermin pada beberapa hal diatas, tentunya jika seseorang ingin menjadi salah satu langganan Pelni ( jadi penumpang) pasti ada tata aturan atau syarat syarat yang harus diikuti.

Ada aturan yang mengikat seperti harus ada tiket, memiliki kondisi fisik yang sehat dan memiiliki data atau dokumen pribadi yang valid.

Baca juga: Nama Kapal Pelni Yang Singgah di Pelabuhan Lorens Say Maumere

Selain itu juga aturan lain seperti menciptakan kenyamaan saat berada di atas kapal dan beberapa hal etis lainnya.

Soal tiket, berdasarkan data yang dihimpun TribunFlores.com, harga yang dipatok untuk orang dewasa berbeda dengan harga yang dipatok untuk bayi.

Harga tiket untuk orang dewasa lebih mahal ketimbang harga tiket untuk bayi selain itu juga harga yang dipatok pun terkadang berubah tergantung dari kebijakan yang diambil oleh PT Pelni sendiri.

Contoh, data yang diperoleh TRIBUNFLORES.COM di Pelabuhan Lorens Say Maumere, Jumat, 30 September 2022 malam menyebutkan, harga tiketnya dari Maumere menuju Bau-Bau orang dewasa Rp 120.000, bayi Rp 18.000. Maumere-Wanci  harga tiket dewasa Rp 195.000, bayi Rp 39.000. Maumere-Ambon, dewasa Rp, 398.000 lalu bayi Rp 45.000.

Baca juga: Jadwal Kapal Pelni Maumere, KM Umsini Jumat 30 September 2022 Hingga Oktober Mendatang

 

Adapula, pada beberapa waktu lalu pemerintah dalam mengatasi merebaknya covid 19 mengharuskan para penumpang untuk menjalani rapid ataupun vaksin ketika hendak menumpang kapal.

Di Maumere sendiri, para penumpang dapat memperoleh informasi terupdate terkait dengan jadwal serta syarat-syarat naik kapal Pelni lewat kantor Pelni Maumere terdekat.

Ada sebuah papan yang ditempelkan di depan kantor itu, berisi jadwal serta harga tiket. Untuk persyaratan menurut pantauan TribunFlores.com di Pelabuhan Lorens Say Maumere.

Persyaratan yang harus dimiliki penumpang Pelni Maumere yakni wajib membeli tiket kapal, memiliki data diri yang lengkap. (Cr1)

Jadwal Kapal Pelni Maumere Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved