Wisata di Maumere Flores

Ada Wisata Terbaru di Maumere: Pemandian Alam Tiwu Lana, Tawarkan Nuansa Berbeda

Tiwu Lana dalam bahasa Maumere artinya air yang mengalir. Tempat wisata alam ini ramai  dikunjungi saat akhir pekan

Editor: Nofri Fuka
TRIBUNFLORES.COM/KRISTIN ADAL
TIWU LANA - Keindahan Tiwu Lana di Kampung Watu Wa, Desa Done, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Minggu 9 Okrober 2022. 

Laporan Reporter TRIBUN FLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUN FLORES.COM, MAUMERE - Memiliki kekayaan alam yang melimpah tak heran Flores selalu dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing. Seperti halnya keindahan dan kesejukan pemandian alam Tiwu Lana yang masih terjaga di Maumere, Kabupaten Sikka, Minggu 9 Oktober 2022.

Tiwu Lana dalam bahasa Maumere artinya air yang mengalir. Tempat wisata alam ini ramai  dikunjungi saat akhir pekan. Tak jauh dari Kota Maumere,  sungai bernama Tiwu Lana ini berada di kampung Watu Wa, Desa  Done, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Dari Kota Maumere menuju spot wisata alam ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 2 jam .

Perjalanan ini  melintasi pantai utara Maumere dengan kondisi jalan beraspal mulus. Namun saat menempuh perjalanan dari Desa Magepanda menuju Desa Done akan memakan waktu kurang lebih 35 menit untuk sampai di kampung Watu Wa dan kondisi jalan rabat yang berlubang.

Baca juga: Nikmati Wisata Flores, Bule Perancis Jelajahi Kebun Petani di Kampung Wisata Pajoreja Nagekeo

 

Suasana pedesaan yang syahdu membayar perjalanan anda menuju pemandian alam Tiwu Lana. Melewati rumah- rumah warga, perkebunan mente dan persawahan membuat perjalanan jadi menyenangkan.

Saat tiba di Kampung Watu Wa, lokasi pemandian alam Tiwu Lana Watu jaraknya sekitar 20 meter dari rumah warga.

Kendaraan bisa diparkir di halaman rumah warga tapi jangann lupa untuk minta izin terlebih dahulu kepada pemilik halaman rumah.

Menuju pemandian alam Sungai Watu Wa menyusuri jalan yang tidak begitu landai. Bisa dibilang jalurnya sangat muda untuk ditaklukan. Suasana di sekitar  Sungai Watu Wa masih asri dengan pemandangan berupa pepohanan yang asri, sawah dan bukit.

Baca juga: Wisata Flores, Promosikan Potensi Kabupaten Ngada, BPOLBF akan Gelar Wolobobo Ngada Festival 2022

 

Air  yang mengalir di pemandian ini  berasal dari pegunungan. Debit airnya cukup besar saat musim kemarau namun arus air yang mengalir tidak begitu deras. Mengalir melewati bebatuan besar, bersih dan dingin  menggoda pengunjung untuk cebur.

Kolam alami untuk pengunjung  yang suka berenang tak terlalu dalam namun batu di dasar sungai berlumut dan licin. Walaupun aman untuk berenang, Anda perlu berhati-hati.

Tidak hanya untuk berenang, Riak air Tiwu lana yang mengalir pun memberikan ketenangan hanya dengan mendengarkan riak air sambil memejamkan mata. Yah, wisata alam ini harus Anda kunjungi ketika bertandang ke Maumere.

Bagi yang suka foto-foto, banyak spot foto di tempat ini. Jadi ambil sebanyak-banyaknya.

Tempat wisata ini terbuka untuk umum dan tiket masuk ke Tiwu Lana gratis.

Ingat, jika membawa makanan atau minuman pembungkusnya harus dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Berita Wisata di Maumere Flores Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved