Berita Ende

Guru dan Siswa SMPK Frateran Ndao Ziarah ke Gua Maria Yate Raja, Kepsek: Ini Adalah Hal Yang Baik

Sebelum berangkat ke Gua Maria Yate Raja mereka melakukan rutinitas pagi yaitu Doa pagi bersama di halaman sekolah SMPK Frateran Ndao.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/DHELTY
ZIARAH - Sebanyak 21 rombongan belajar dari SMPK Frateran Ndao berziarah ke Gua Maria Yate Raja yang terletak di Dusun Aelabha di perbatasan Desa Mbobhenga dan Desa Tendambepa, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Sabtu 22 Oktober 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Agnesia Dhelti

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Sebanyak 21 rombongan belajar dari SMPK Frateran Ndao berziarah ke Gua Maria Yate Raja yang terletak di Dusun Aelabha di perbatasan Desa Mbobhenga dan Desa Tendambepa, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Sabtu 22 Oktober 2022.

Informasi yang dihimpun, kunjungan ke Gua Maria tersebut dalam kaitannya dengan momentum perayaan bulan Rosario.

Pantauan TribunFlores.com, terdapat sekitar 600-an pelajar berkumpul di halaman sekolah SMPK Frateran Ndao sejak pukul 06.30 wita dan terdapat 21 angkutan bis kayu yang siap untuk mengantarkan para pelajar untuk berziarah.

Sebelum berangkat ke Gua Maria Yate Raja mereka melakukan rutinitas pagi yaitu Doa pagi bersama di halaman sekolah SMPK Frateran Ndao.

Baca juga: SMPK Frateran Ndao Gelar Workshop Pembuatan Modul Ajar dan Assesmen

 

Terlihat keseruan para pelajar yang mempersiapkan diri untuk berziarah dengan membawa beberapa perlengkapan didalam ransel mereka masing-masing. Dan, tepat pukul 08.00 wita mereka berangkat menuju Gua Maria Yate Raja.

Jarak tempuh dari kota Ende menuju Gua Maria Yate raja sekitar 45 km.  Jalannya beraspal mulus, berkelok-kelok, juga tanjakan. Di sepanjang jalan para peziarah disuguhkan dengan pemandangan pantai dan juga hutan yang begitu indah.

Setelah menghabiskan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam, para peziarah harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir.

Di Gua Maria tersebut mereka berdoa rosario dan juga melaksanakan kegiatan lainnya.

Baca juga: Kepala SMPK Frateran Ndao Ende Sebut 7 Hal Baru dalam Kurikulum Prototipe

 

Setelah selesai, mereka makan siang. Para guru dan siswa juga mengabadikan momen dengan foto bersama di depan Gua Maria Yate Raja.

Usai semua kegiatan berziarah, para pelajar dan para guru mulai bersiap-siap untuk kembali ke kota Ende, dengan mengakhiri ziarah tersebut dengan Doa Rosario.

Kepala Sekolah SMP Frateran Ndao Ende, Fr. Yohanes Berchmans BHK, kepada TribunFlores.com menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam kaitannya dengan upaya pihak sekolah meningkatkan sikap religiositas yang baik bagi para siswa dan siswi.

“Inilah adalah hal yang baik, selain mereka belajar di dalam kelas, mereka juga dapat terjun secara langsung seperti ini untuk merasakan pengalaman iman demi tumbuh kembangnya pribadi mereka yang berakhlak mulia,” ucapnya.

Fr. Yohanes juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama para guru, orang tua serta siswa yang telah membantu memperlancar kegiatan tersebut.

Akhirnya ia juga mengharapkan kiranya para murid dapat memetik nilai-nilai positif dari kegiatan rohani yang telah dilaksanakan itu.

Berita Ende Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved