Destinasi Wisata Maumere

Pulau Pangabatang, Pulau Kecil yang Cantik dalam Gugusan Teluk Maumere

Tak hanya terkenal dengan pesona pantai pasir putihnya, Pulau Pangabatang mampu membius mata pengunjung dengan kejernian air laut berwarna biru toska.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/HO-ARNAUD DUPREZ
PULAU PANGABATANG-Eksotisnya keindahan Pulau Pangabatang di Maumere, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. 

Laporan Reporter TRIBUNFORES.COM,Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Tak hanya terkenal dengan pesona pantai pasir putihnya, Pulau Pangabatang mampu membius mata pengunjung dengan kejernian air laut berwarna biru toska. Pulau kecil ini menyimpan kekayaan alam bawah laut yang melengkapi keindahan gugusan pulau Teluk Maumere.

Pulau Pangabatang membentuk penghalang alami untuk arus air masuk –keluar teluk. Hal ini menyebabkan perairan Teluk Maumere sangat tenang. Salah satu dari sedikit karang penghalang di Indonesia terdapat di sini.

Pulau Pangabatang adalah sebuah pulau kecil yang berada di Teluk Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau cantik ini memiliki luas kurang lebih 700 meter persegi. Untuk sampai pada destinasi wisata ini anda dapat menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Lorensay Maumere dengan waktu tempuh 60 menit atau 45 menit dari Nangahale.

Pulau Pangabatang memiliki pesona pantai yang menakjubkan. Pesona pantai Pulau Pangabatang yang khas dengan pasir putih yang lembut memberikan sensai tersendiri bagi wisatawan.

Baca juga: Wisata Flores, Menikmati Sensasi Air Panas Tanah Merah di Maumere Sikka NTT

 

Lautnya bersih, biru dan jerni membuat biota laut  hidup berkelimpahan. Bagi wisatawan yang menyukai snorkeling, anda bisa puas melihat beraneka ragam ikan cantik di sela-sela karang indah.

Di balik keindahan dan kekayaan alam di Pulau Pangabatang ada sejarah yang membekas bagi masyarakat yang tinggal di pulau ini. Pasalnya, pulau kecil ini merupakan bagian dari kawasan Teluk Maumere yang pernah tersapu Tsunami  pada tahun 1992. Gempa bumi yang kuat menghantam pulau-pulau dan pantai utara dengan sangat keras. Menghancurkan terumbu karang yang ada di pulau-pulau ini.

Kini setelah 30 tahun berlalu keindahan bawah laut Pulau Pangabtang pulih. Dikenal sebagai salah satu spot diving dan snorkeling  yang diburuh para diver di Teluk Maumere. Terumbu telah pulih dengan baik memberikan rumah bagi aneka hewan laut. Ada karang meja besar, karang lunak dan karang kecil berlimpah. Saat beruntung ada peluang bagus untuk melihat pari elang atau hiu.

Pada tahun 2016 lalu, Pulau Pangabatang adalah salah lokasi berlangsungnya fotografi bawah laut internasional Festival Teluk Maumere 2016.Lomba foto bawah laut ini diikuti oleh 30 peserta baik dalam maupun luar negeri.

Keindahan lautnya bak hiden gem yang harus diekslpor tapi bukan dieskpolitasi yah. Anda akan menemukan kejutan-kejutan menakjubkan di alam bawah lautnya.

Tak elok rasanya jika belum melihat sunset yang cantik di Pulau Pangabatang. Pemandangan indah ini tidak bisa terlewatkan begitu saja.

Untuk diketahu destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi, namun belum tersediah penginapan bagi pengunjung. Pengunjung bisa menginap di rumah-rumah warga.

Berita Destinasi Lainnya

 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved