Tempat Wisata Manggarai

Pesona Wisata Alam Air Terjun Cunca Lega di Rahong Manggarai

Pesona keindahan alam air terjun Cunca Lega di  Kampung Tebo, Dusun Pasah, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/ANDREAS DOS SANTOS
AIR TERJUN CUNCA LEGA- Air terjun Cunca Lega di Kampung Tebo, Dusun Pasah, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM,Maumere- Keindahan alam di Manggarai, Nusa Tenggara Timur memberikan pesona tersendiri dalam bingkai pariwisata di Pulau Flores.

Salah satunya pesona keindahan alam air terjun Cunca Lega di  Kampung Tebo, Dusun Pasah, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara. Wisata alam satu ini ini memiliki sensai tersendiri saat dieskplor.

Kekayaan alam yang melimpah mulai dari hutan, gunung dan sawah memberikan kehidupan bagi penghuninya khususnya masayarkat di Kampung Tebo. Air terjun Cunca Lega atau dikenal dengan sebutan air terjun Tengku Lese, air terjun dua tingkat dengan tinggi sekitar 25 meter.

Air yang dari air terjun ini mengairi sawah milik para petani di tempat ini. Datang di saat musim bajak sawah, anda akan menyaksikan parah petani membajak sawah menggunakan kerbau. Karena jalur yang dilalui menyusuri pematang-pematang sawah.

Panoram alam ini dapat anda lihat saat berkunjung ke wisata air terjun Cunca Lega. Untuk melihat keindahan air terjun Cunca Lega, anda harus melewati jalur perjalan dari Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya dan anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rute terpendek yang bisa dilalui adalah Liang Bua, 15 km dari cunca Lega.

Baca juga: Nikmati Wisata Flores, Wisatawan Asing Jelajahi Jalur Pantai Utara Flores Naik Sepeda

 

Kendaraan anda hanya bisa sampai di Kampung Nanu, Desa Buar-Rahong Utara. Dari kampung ini perjalanan menantang dimulai, anda harus berjalan kaki kurang lebih 2 Kilometer menuju Kampung Tebo.

Melewati jalan tanah dan bebatuan akan memberikan sensai petualangan yang mengesdankan. Lansakap alam menuju lokasi ari terjun ini sangat indah dan asrih.

Jalur perjalanan yang landai dan melewati tembok irigasi menantang perjalanan anda. Kondisi ini tidak akan membuat nyalimu ciut karena bukit-bukit hijau, hutan yang rimbun dan sawah terasering yang eksotis memanjakan pandangan mata.

Sawah terasering di bawah kaki air terjun Cunca Lega
Sawah terasering di bawah kaki air terjun Cunca Lega (TRIBUNFLORES.COM/ANDREAS DOS SANTOS)

Tiba di kaki air terjun Cunca Lega anda langsung disambut deruh gemuruh air terjun dua tingkat ini. Saat musim hujan debit air terjun Cunca Lega besar dan deras namun dikala musim kemerau debit airnya tidak sederas musim hujan. Saat musim hujan pengunjung disarankan untuk tidak berenang karena arus air yang sangat kencang.

Selain merasakan kesegaran air terjun ini, anda bisa melihat indahnya sawah terasering yang terususun bertingkat pada lahan miring.

Kawasan hutan hijau mengeliling air terjun membuat udara semakin sejuk. Sejenak berada di tempat ini akan mengihlangkan penat dan memberikan suasana hati yang tenang.

Dalam kawasan wisata alam Cunca Lega ini tidak terdapat rest area atau kedai-kedai yang menjajankan makanan atau minuman.

Sebelum datang jangan lupa untuk menyiapkan dan membawa bekal sendiri. Satu lagi, anda harus menjaga kelestarian alam di tempat ini.

Berita Wisata Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved