Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Harian Katolik Minggu 4 Desember 2022, Marilah Bertobat, Sebab Kerajaan Allah Sudah Dekat

Renungan Harian Katolik Minggu 4 Desember 2022. Renungan Harian Katolik hari ini dibawakan oleh Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
RENUNGAN HARIAN KATOLIK - Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans. Judul Renungan Harian Katolik hari ini Bertobatlah, Sebab Kerajaan Allah Sudah Dekat. 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak Renungan Harian Katolik Minggu 4 Desember 2022.

Renungan Harian Katolik hari ini dibawakan oleh Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende.

Judul Renungan Harian Katolik hari ini Bertobatlah, Sebab Kerajaan Allah Sudah Dekat.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 4 Desember 2022, Bertobatlah Sebab Kerajaan Allah Sudah Dekat

 

SEMANGAT PAGI, pada hari ini, kita memasuki hari minggu adven II. Dan bacaan Injil hari ini di kisahkan tentang Yohanes Pembaptis (Mat. 3: 1 - 12). Yohanes Pembaptis adalah seorang nabi yang diutus Allah sebagai perintis jalan bagi kedatangan Putera Allah, Sang Juru Selamat Dunia.

Yohanes Pembaptis adalah orang yang berseru seru di padang gurun: " persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi Nya". Dan seruannya bermakna pertobatan.

Artinya bahwa persiapkan dan luruskan jalan bagi kedatangan Tuhan adalah hanya melalui satu jalan, yakni jalan pertobatan, dalam hal ini, melalui pengakuan dosa dan pembaptisan oleh Yohanes Pembaptis. Namun, Yohanes Pembaptis mengingatkan kepada para murid dan pendengarnya bahwa ia bukanlah siapa siapa.

Dia hanyalah seorang perintis jalan bagi Dia yang lebih berkuasa dari Yohanes Pembaptis, bahkan membawa kasut Nya pun Yohanes Pembaptis tidak layak. Jika Yohanes Pembaptis membaptis orang orang dengan air, sedangkan Yesus membaptis dengan Roh Kudus dan dengan api. Inilah kesaksian hidup Yohanes Pembaptis yang sangat bersahaja dan rendah hati.

Walau dia seorang nabi utusan Allah, namun dia tetap tahu diri bahwa dia hanyalah seorang utusan untuk mempersiapkan jalan bagi kedatang Sang Almasih, Anak Allah yang Mahatinggi.

Yohanes Pembaptis juga mengingatkan orang orang yang tidak mau bertobat, bahwa: kapak sudah tersedia pada akar pohon, dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.

Pohon adalah simbol manusia. Oleh karena itu, manusia yang tidak bertobat, maka SIAP untuk di tebang dan dicampakan ke dalam api neraka. Bagaimana dengan kita?Seruan pertobatan Yohanes Pembaptis juga berlaku bagi kita yang tengah mempersiapkan diri menanti kedatangan Sang Mesias, Allah yang menjelma menjadi Manusia.

Baca juga: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Sabtu 5 November 2022, Lengkap Mazmur Tanggapan

Dan bentuk persiapan kita adalah dengan BERTOBAT, tidak hanya untuk kedatangan Yesus Sang Putera Natal, melainkan yang lebih penting lagi adalah kedatangan Yesus untuk kedua kaliNya saat akhir zaman.

Selamat menanti, melalui jalan pertobatan, sebagaimana yang diserukan oleh Yohanes Pembaptis: " bertobatlah, Sebab Kerajaan Allah Sudah Dekat". Akhirnya, semoga kita juga menjadi Yohanes Pembaptis masa kini, yang selalu menyerukan pertobatan pertama tama untuk diri kita sendiri, keluarga, komunitas.

Dan juga menjadi Yohanes Pembaptis masa kini yang bersahaja dan rendah hati, yang selalu menomor satukan Yesus, dan bukan dirinya. Mudah mudahan. Selamat Berhari Minggu Adven II.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved