Natal dan Tahun Baru

Pemuda GMIT Kalvari Maumere Sulap Sampah Plastik Jadi Pohon Natal

Menyongsong Hari Raya Natal 25 Desember 2022, para pemuda Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) Kalvari, Maumere membuat pohon natal.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/HO-PEMUDA GMIT KALVARI
PEMUDA GMIT-Para pemuda GMIT Kalvari Maumere sedang merangkai pohon natal dari botol plastik air mineral bekas, Minggu 18 Desember 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLOREES. COM, MAUMERE- Menyongsong Hari Raya Natal 25 Desember 2022, para pemuda Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) Kalvari, Maumere, Kabupaten Sikka, Pulau Flores membuat pohon natal dari bahan sampah botol plastik air mineral bekas.

Ratusan botol plastik bekas air mineral ukuran 1.500 mili liter dikumpulkan kurang lebih satu minggu. Botol-botol ini dipungut oleh para pemuda dari tempat sampah dan disumbang oleh jemaat gereja.

Pantuan TribunFlores.Com, Minggu, 16 Desember 2022 sore tampak para pemuda GMIT Kalvari Maumere, sedang mendaur ulang ratusan botol plastik untuk dijadikan pohon natal. Botol plastik digunting menyerupai bentuk daun cemara dan diberi warna.

Pembuatan replika pohon natal dari sampah botol plastik hanya berlangsung sehari. Berkat kerjasama, para pemuda GMIT Kalvari Maumere berhasil merangkai ratusan sampah botol plastik menjadi lima buah pohon natal.

 

 

Baca juga: Nama Romo Yang Pimpin Misa Natal di Gereja Katolik Naikoten Kupang

Pohon-pohon natal ini akan dihiasi lampu pernak-pernik natal dan diletakan di dalam Gereja Kalvari Maumere, Jalan Merpati, Kota Baru, Kecamatan Alok Timur.

Kenny Andrew Mark Nong salah satu pemuda GMIT Kalvari Maumere yang terlibat dalam pembuatan pohon natal ini menuturkan, replika pohon natal dari sampah plastik tidak membutuhkan biaya besar.

"Kita bisa membuat pohon natal dari bahan di sekitar kita. Seperi sampah botol plastik yang kami gunakan. Hemat anggaran dan upaya kami menjaga lingkungan," ujar Kenny saat ditemui TribunFlores.Com di Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur.

Selain hemat dana, memanfaatkan sampah botol plastik memberikan edukasi positif kepada jemaat gereja.

Baca juga: Natal 2022, Umat Katolik Paroki Habi Maumere Lomba Hias Pohon Natal Berbahan Alam

Menurut Kenny, sampah plastik memilik nilai seni yang luar biasa jika dimaanfaatkan dengan baik.

Ia mengatakan pohon natal tak harus mahal. Sampah plastik yang dibuang bisa dipakai kembali dan dimodifikasi dalam bentuk yang indah. Tak harus dibakar karena menyebakan polusi.

"Tahun-tahun sebelumnya pemuda GMIT Kalvari Maumere menggunakan bahan alam dan sampah plastik untuk pohon natal. Aksi ini sebagi salah satu sarana kampanye menjaga bumi dari ancaman sampah plastik," pungkasnya.

Berita sikka Lainnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved