Berita Sikka

Ruas Jalan Nangahale-Pruda Sikka Rusak, Akses Transportasi Terganggu

Ruas jalan penghubung antar desa di Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT) rusak parah dan berlobang.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ ARNOLD WELIANTO
JALAN RUSAK- Ruas jalan penghubung antar desa di Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT) rusak parah dan berlobang, Senin 19 Desember 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Arnold Welianto

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Ruas jalan penghubung antar desa di Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT) rusak parah dan berlobang.

Akibatnya, akses transportasi warga terhambat terutama di musim hujan.

saat hujan deras turun, jalan antar desa di Kecamatan Waiblama tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat karena dalamnya genangan air di badan jalan tersebut.

Pantauan TribunFlores.com, Senin 19 Desember 2022, beberapa ruas jalan masih rusak berat.

Baca juga: Kisah Istri Korban Pembunuhan di Sikka, Anak Meninggal Dunia, Suami Dibunuh Mantan Kades Nele Urung

 

Seperti yang terjadi di jalan Desa Pruda yang menghubungkan dengan Dusun Paukloor Kecamatan Waiblama. Jalan sepanjang lebih kurang 2,5 Kilometer (Km) tersebut kondisi kian memprihatinkan.

Bahkan, untuk saat ini kendaraan yang dapat melintas dijalan tersebut harus ekstra hati-hati.

Di sejumlah titik, jalan berlubang mencapai diameter hampir selebar satu jalan penuh, dengan kedalaman lubang antara 10 hingga 50 centimeter. Banyaknya lubang di jalan membuat pengendara yang lewat terpaksa melaju pelan agar tidak terperosok ke dalam lubang di jalan. Sejumlah pengendara motor memilih keluar badan jalan mencari permukaan yang datar.

Nikolaus, salah satu warga Desa Pruda menuturkan, jalan tersebut memang sudah bertahun-tahun rusak. Namun, kini kondisi semakin parah. Untuk itu, pihaknya mengharapkan ada perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Sikka.

Baca juga: Kalender Liturgi Katolik Selasa 20 Desember 2022 Renungan Harian Katolik dan Injil Hari Ini

Karena akses jalan tersebut diperbaiki atau ditingkatkan untuk dilakukan hotmix. Sebab, selain akses jalan menjadi penghubung antara desa, jalan tersebut juga menjadi akses masyarakat untuk menuju usaha pertanian mereka.

"kami berharap ada upaya pemerintah daerah untuk melakukan perbaikan jalan penghubung di desa kami ini. Usulan sudah kami sampaikan tetapi sampai kini belum ada upaya untuk tindaklanjutnya," tuturnya

Selain itu, Kerusakan jalan ini menimbulkan rawan kecelakaan bagi pengendara yang melintas di malam hari.

Sejumlah pengendara motor yang kurang waspada bisa terperosok masuk kedalam lubang dan jatuh. Warga berharap pihak terkait segera memperbaiki jalan yang berlubang tanpa harus menunggu jatuh korban akibat terperosok ke dalam lubang jalan

Sementara itu, Camat Waiblama sudah dikonfirmasi namun belum ada respon.

Berita Sikka lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved