Berita NTT

Peresmian RSUP Kupang, Pemkab Manggarai Tidak Keberatan Nama Ben Mboi Jadi Nama RSUP Kupang

Bupati Manggarai Herybertus Geradus Laju Nabit mengaku tidak keberatan kalau nama dr.Ben Mboi dipakai menjadi nama RSUP Kupang.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUN FLORES.COM/CHARLES ABAR
Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT, Marciana Dominika Jone menyerahkan Surat Pencatatan Inventarisasi (SPI) kepada Bupati Manggarai Herybertus GL.Nabit di Hotel Revayah, Senin 17 Oktober 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM,Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM,RUTENG-Bupati Manggarai Herybertus Geradus Laju Nabit mengaku tidak keberatan kalau nama dr.Ben Mboi dipakai menjadi nama RSUP Kupang.

Malah Bupati Hery mengaku senang dan bangga sosok Ben Mboi bisa menjadi inspirasi bagi generasi di NTT.
Penegasan ini disampaikan Bupati Hery saat menghadiri peresmian pemanfaatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) yang berada di Kelurahan Manulai II, Kecamatan Alak, Kota Kupang, NTT, Kamis, 22 Desember 2022.

Soft opening RSUP dilakukan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.
Kehadiran Bupati Hery dalam soft opening ini, terutama sebagai pemberi ijin penggunaan nama dr. Ben Mboi. Nama dr. Ben Mboi diambil atas usulan Menkes agar nama RSUP menggunakan nama tokoh kesehatan yang berasal dari wilayah NTT.

Usulan Menkes tersebut sebelumnya sudah dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Pemkab Manggarai, karena nama dr. Ben Mboi sudah digunakan sebagai nama RSUD di Kabupaten Manggarai.

Baca juga: Hari Ini Diresmikan Menkes Budi Sadikin, Besok RSUP Ben Mboi Kupang Layani Pasien

Hadir dalam peresmian tersebut, Plt. Sekretaris Daerah NTT, Johanna Lisapaly, Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, Pejabat Kementerian Kesehatan dan Provinsi NTT, Tridia Sudirga Mboi (Putri sulung mendiang Ben Mboi) yang diundang secara khusus. Selain itu Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT H. Ir. Mohammad Ansor, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe dan para petugas Kesehatan RSUP Ben Mboi-Kupang.

Rangkaian acara peresmian diawali dengan laporan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya, SKM, MARS, sambutan Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, sambutan Gubernur NTT yang disampaikan Plt. Sekretaris Daerah NTT, Johanna Lisapaly, sambutan Menteri Kesehatan.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan secara singkat sejarahnya berdirinya RSUP. Dijelaskannya, jajaran Kementerian Kesehatan RI pada masa Menkes dr. Nia Muluk, ingin membangun Rumah Sakit besar di Indonesia bagian Timur yang mencakup wilayah Papua, Maluku dan NTT.

Tujuannya agar layanan kesehatan bisa merata. Alasannya adalah banyak kasus kesehatan yang terjadi di Indonesia bagian Timur.

Baca juga: Pertama Kali Rayakan Natal 2022 di Italia, Biarawati Asal NTT Mengaku Bahagia juga Sedih

Dengan demikian akan ada Rumah Sakit besar type A secara bertahap dibangun dengan kemampuan yang sama dengan Rumah Sakit di Jakarta, terutama di Kupang, Ambon dan Papua. Selanjutnya rencana tersebut diteruskan oleh tiga Menkes termasuk dr. Terawan.

"Karena kebiasaan Indonesia, ganti Menteri ganti perencanaan, tetapi kali ini kita berkomitmen untuk melanjutkan, karena kami merasa yakin termasuk juga Pak Terawan merasa yakin," tandas Menkes Budi.
Menkes Budi melanjutkan, pengembangan jaringan Rumah Sakit yang dicanangkan pada Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf masuk dalam transformasi kesehatan pilar kedua.

"Mimpi yang harus diwujudkan bahwa semua Rumah Sakit di 34 Provinsi harus bisa melakukan bedah jantung terbuka, bedah otak terbuka dan juga penanganan ginjal bisa dilaksanakan di seluruh Rumah Sakit di ibu kota Provinsi. Pasalnya, kontribusi kematian dari jenis penyakit di atas sangat besar," ujarnya.

Sementara itu, Melky Laka Lena menjelaskan secara singkat sosok dr. Ben Mboi yang merupakan Gubernur NTT dua periode, 1978-1988. Menurut Melky dari ratusan orang yang hadir banyak yang belum tahu siapa sosok Ben Mboi.

Baca juga: Ketua MUI NTT Beri Pesan Natal untuk Umat Kristiani

"Kami dulu sering ke rumah saat beliau (dr. Ben Mboi; red) masih hidup. Terutama Pak Gubernur NTT saat ini, Kaka Viktor Bungtilu Laiskodat," ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved