Berita Manggarai

Layanan Air Minum Bersih Perumda Tirta Komodo Jangkau 934 Sambungan Rumah di Wae Ri'i

Sejumlah 934 sambungan rumah yang menyebar pada tiga desa di Kecamatan Wae Ri'r mendapat layanan air minum bersih

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/CHARLES ABAR
AIR MINUM BERSIH - Peresmian program MBR pada tiga desa di Kecamatan Wae Ri'i ditandai buka keran oleh Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut didampingi Dirut Perumda Tirta Komodo Marselus Sudirman, Kasdim Kodim 1612 Manggarai dan warga pemanfaat di Rua, Desa Golo Watu, pada Jumat 23 Desember 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM, RUTENG - Sejumlah 934 sambungan rumah yang menyebar pada tiga desa di Kecamatan Wae Ri'i mendapat layanan air minum bersih. Layanan  ini disalurkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari Perumda Tirta Komodo Ruteng, pada Jumat 23 Desember 2022.

Program ini menjawab kebutuhan air minum dari tiga desa di wilayah Kecamatan War Ri'i. Adapun penerima manfaat yaitu Desa Golo Wua, Desa Golo Watu dan Desa Ranggi. Kecamatan Wae Ri'i menjadi penerima maanfaat terbanyak dari beberapa Kecamatan di Manggarai.

Peresmian layanan air minum bersih ini ditandai dengan buka keran oleh Wakil Bupati (Wabup) Manggarai, Heribertus Ngabu, didampingi Dirut Perumda Tirta, Komodo Ruteng Marselus Sudirman, Kasdim Kodim 1612 Manggarai dan beberapa pejabat lingkup Pemkab Manggarai.

Wabup Heri Ngabut dalam sambutannya menyampaikan, program ini yang ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Bentuk upaya pemerintah menjawab kebutuhan dasar masyarakat memenuhi kebutuhan akan tersedianya air bersih.

Baca juga: Pemkab Manggarai Beri Bantuan Alsintan pada Puluhan Kelompok Tani

 

"Tugas pemimpin adalah mengalirkan kebaikan. Melalui Perumda Air Minum Tirta Komodo dalam hal ini direktur dan jajarannya. Pemerintah Kabupaten Manggarai mengalirkannya kebaikan itu melalui aliran air ke tiga desa ini," ungkapnya.

Ia berharap dengan tersedianya air bersih pada tiga desa ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Mampu meningkatan kualitas hidup dan derajat kesehatan masyarakat penerima manfaat. Wabup Heri Ngabut juga meminta masyarakat untuk melaksanakan kewajibannya membayar pemakaian air sesuai aturan.

"Air sudah mengalir, jangan lupa bayar. Biayanya kecil, tetapi itu penting untuk perawatan oleh Perumda Air Minum Tirta Komodo. Juga supaya yang di daerah lain juga bisa dilayani. Pastikan juga bahwa kita tetap saling membantu. Kalau tetangga airnya tidak mengalir, kita bantu. Air ini mengalir agar kita bisa mengalirkan kebaikan," paparnya.

Sementara itu Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Marselus Sudirman mengatakan penyediaan air minum bersih ini berhasil terlaksana berdasarkan atas perintah Bupati dan Wakil Bupati Manggarai.

"Bupati dan Wakil Bupati Manggarai memberi atensi khusus pada ketersediaan air bersih di daerah ini, terutama untuk MBR dan kami telah diberi perintah agar Perumda Air Bersih Tirta Komodo melaksanakannya," ungkapnya.

Menurutnya, pada 2022 terdapat 3.099 sambungan rumah masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Manggarai terjangakau layanan air minum bersih. Di antaranya 934 penerima manfaat berada di Desa Golo Wua, Desa Golo Watu, dan Desa Ranggi.

Senada dengan Wakil Bupati Manggarai, Dirut, Marselus Sudirman berharap agar program ini bermanfaat. Ia menghimbau masyarakat penerima manfaat sama-sama merawat fasilitas ini dengan baik dan rutin membayar biaya pemakaian air sesuai pemanfaatan masing-masing pelanggan.

Seorang penerima manfaat, Maria Tima (58) mengaku senang dengan hadirnya air minum bersih dirumahnya. Ia mengaku selama ini mereka harus menimba air sawah untuk konsumsi sehari-hari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved