Berita Flores Timur

4 Rumah Warga Desa Bugalima di Flores Timur Banjir, Waibao Aman

Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Flores Timur (Flotim) menimbulkan genangan air yang merendam sejumlah pemukiman warga di wilayah itu.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/HO-IST
Banjir di Flores Timur-Banjir melanda salah satu desa di Flores Timur tepatnya di Desa Bugalima. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paul Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA-Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Flores Timur (Flotim) menimbulkan genangan air yang merendam sejumlah pemukiman warga di wilayah itu, Rabu 28 Desember 2022.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flotim, menyebutkan Desa Bugalima di Kecamatan Adonara Barat dan Desa Waibao di Kecamatan Tanjung Bunga mulai tergenang air.

"Untuk sementara masih dua desa yang sudah melapor ke kami yaitu Waibao dan Bugalima. Informasi kami terima dari Camat dan Kepala Desa," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Flores Timur, Avelina Manggota Halan, Rabu 28 Desember 2022 pukul 19.00 Wita.

Ia mengatakan, sebanyak empat rumah warga di Desa Bugalima sudah tergenang banjir. Sementara di Waibao belum mendapat informasi secara detail.

Baca juga: Breaking News : Desa Waibao dan Bugalima di Flores Timur Mulai Tergenang Banjir

 

 

"Ketinggian air di desa Bugalima sekitar 40 centi meter. Dan dari 12 rumah yang ada, terdapat 4 rumah sudah tergenang air," ucapnya.

Hingga saat ini, jelasnya, warga masih bertahan di rumahnya namun pihaknya mengimbau semua kepala desa agar terus memberikan informasi terupdate soal ketinggian air dan kondisi warga di lokasi.

"Kami menghimbau melalui Kades Bugalima dan beberapa kades yang lain apabila ketinggian air bertambh maka warga segera diungsikan. Dan apabila ada kejadian yang tidak diduga seperti banjir segera memberi info ke kami," jelasnya.

Sementara Camat Tanjung Bunga, Dionisius Aliandu memastikan Desa Waibao masih dalam kondisi aman. Menurutnya, genangan air akibat curah hujan dinilai seperti yang sudah terjadi sebelum-sebelumnya.

"Iya di Waibao juga ada dan itu sudah sering setiap tahun. Saya lagi koordinasi dengan kadesnya. Tingkat kerentanan masih biasa-biasa," jelasnya.

Sementara informasi yang berkembang lewat tayangan video di media sosial, memperlihatkan guyuran hujan masih melanda sejumlah wilayah Flores Timur hingga menimbulkan genangan air.

Berita Flores Timur Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved