Berita Ende

Kasus Tindak Pidana di Ende Naik Signifikan Pada Tahun 2022

Kasus tindak pidana di Kabupaten Ende yang ditangani aparat kepolisian Ende mengalami kenaikan signifikan pada tahun 2022.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/TOMMY MBENU NULANGI
PRESS RELEASE-Kapolres Ende dan Wakapolres Ende sedang menggelar press release akhir tahun terkait kasus tindak pidana di Ende. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM, ENDE-Kapolres Ende, AKBP  Andre Librian menggelar konferensi pers akhir tahun 2022 di ruang rapat Polres Ende, Kamis 29 Desember 2022. Ia didampingi oleh Wakapolres Ende dan juga sejumlah perwira Polres Ende.

Dalam konferensi persnya, Kapolres Andre mengungkapkan,  jumlah kasus yang ditangani oleh Polres Ende pada tahun 2022 ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2021.

Dijelaskannya, jika pada tahun 2021 lalu kasus yang dilaporkan oleh warga sebanyak 218 kasus, maka pada tahun 2023 jumlah kasusnya meningkatkan menjadi 349 kasus.

"Jumlah kasus meningkat sekitar 60 persen. Itu artinya masyarakat melapor kasus tindak pidana di Polres Ende dan di Polsek jajaran meningkat," ujarnya.

Baca juga: Satreskrim Polres Ende Selesaikan 86 Persen Kasus

Andre mengatakan, peningkatan jumlah kasus yang dilaporkan oleh masyarakat disebabkan karena adanya kebijakan pemerintah yang sudah tidak membatasi aktifitas masyarakat pasca pandemi covid-19.

"Kalau 2021 itu kan kita masih pemberlakuan PPKM. Jadi kegiatan masyarakat dibatasi, jadi kemungkinan terjadinya kasus pun minim karena aktivitas kita terbatas," jelasnya.

Meski jumlah kasusnya meningkat, jelas Andre, tingkat penyelesaian kasus yang diselesaikan oleh di Polres Ende pada tahun 2022 juga meningkat jika dibandingkan pada tahun 2021.

"Dari 218 kasus yang dilaporkan pada tahun 2021, sebanyak 145 kasus sudah diselesaikan. Kemudian tahun 2022 ini, dari 349 kasus kita menyelesaikan 400 kasus atau sekitar 177 persen. Artinya kita juga menyelesaikan tunggakan kasus dari tahun sebelumnya," ungkapnya.

Baca juga: Jumat Curhat, Warga Ende Minta Polisi Razia Pemabuk Palak Pengguna Jalan

 

 

Untuk penyelesaian kasus, selain diselesaikan secara hukum dari Polres ke JPU dan pengadilan, ada sejumlah kasus yang diselesaikan dengan cara restorasi justice dengan melibatkan para tokoh setempat.

Untuk diketahui, dari ratusan kasus tersebut, kasus yang banyak dilaporkan masyarakat di Kabupaten Ende adalah kasus penganiayaan, kasus pencurian, kasus pengeroyokan, kasus KDRT, dan kasus penggelapan dan kasus penipuan. (tom)

Berita Ende Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved