Nama Bayi Katolik

Nama Bayi Katolik Lahir Tanggal 19 Januari, Lengkap Kisah Tokoh dan Maknanya

Marius adalah seorang bangsawan kaya dari Persia. Bersama isterinya Martha dan kedua puteranya Audifax dan Abakus, ia datang ke Roma untuk berziarah

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/HO-TRIBUNMANADO.COM, ISTIMEWA.
Salah satu hasil karya studio foto newborn Laura/Istimewa 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Berikut nama bayi Katolik yang cocok diberikan saat bayi tersebut lahir pada tanggal 19 Januari. Nama bayi Katolik tersebut diambil dari nama orang kudus yang diperingati tiap tanggal 19 Januari.

Santo Marius, Martir

Marius adalah seorang bangsawan kaya dari Persia. Bersama isterinya Martha dan kedua puteranya Audifax dan Abakus, ia datang ke Roma untuk berziarah di pusat Gereja Kristus dan makam para martir.

Kedatangan mereka ke Roma bertepatan waktu dengan peristiwa penganiayaan terhadap jemaat Kristen di Roma. Marius sungguh prihatin melihat nasib orang-orang Kristen itu.

Baca juga: Nama Bayi Katolik Lahir Tanggal 18 Januari, Lengkap Kisah Tokoh dan Maknanya

 

Oleh dorongan imannya, ia mengunjungi orang-orang Kristen di penjara-penjara tanpa takut sedikitpun. Kekayaannya dibagi-bagikan kepada mereka demi kelangsungan hidupnya.

Tak lama kemudian, ia bersama isteri dan kedua puteranya ditangkap dan dibunuh karena perbuatan-perbuatan yang berani itu. Marius tak gentar menghadapi perlakuan serdadu-serdadu Romawi itu. Ia percaya bahwa Kristus menyertai dia dan akan menganugerahkan kepadanya mahkota surgawi.

Santo Gerlakus, Pengaku Iman

Di antara para Orang Kudus terdapat sejumlah besar yang menjalani kariernya sebagai perwira bersenjata dan terlibat dalam berbagai peperangan untuk mempertahankan tanah airnya: Santo Martinus, Uskup dari Tours; Santo Ignasius dari Loyola, Pendiri Serikat Yesus; Charles de Foucauld, bekas'opsir pasukan meriam yang bertapa dan menjalankan misinya di gurun Sahara, dan lain-lain.

Gerlakus termasuk golongan para Kudus yang menyandang sebutan 'perwira'. Gerlakus lahir di Limbur Selatan pada tahun 1100. Pada masa mudanya, ia menjadi ksatria yang gagah berani. Badannya tinggi dan tegap, hatinya lekas panas, tetapi wataknya luhur.

Baca juga: Nama Bayi Katolik Lahir Tanggal 17 Januari, Lengkap Kisah Tokoh dan Maknanya

Ia selalu membela kebenaran dan keadilan. Sebagai seorang perwira, Gerlakus sangat tangkas bermain pedang. Di medan perang ia dikenal sebagai pendekar gagah berani yang tidak takut pada siapa pun..

Suatu ketika sementara ia menyiapkan diri untuk mengikuti suatu pertandingan, diberitahukan kepadanya berita duka kematian isterinya. Mendengar berita itu, pedang dan perisai yang ada di tangannya terjatuh ke tanah tanpa disadarinya sendiri.

Ia segera pulang untuk menyaksikan peristiwa nahas yang menimpa isterinya. Peristiwa ini memang sungguh menyedihkan hatinya. Tetapi ia lalu sadar bahwa peristiwa itu merupakan kehendak Tuhan. Ia pasrah dan menyerah di hadapan kehendak Allah itu.

Kematian isterinya menjadi baginya awal hidup yang la kemudian berangkat ke Roma untuk mengakukan dosa-dosanya baru dalam pengabdian yang tulus kepada Tuhan dan kepada Sri Paus Eugenius III.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved