Breaking News:

Berita Flores Timur

Taman Doa Bukit Fatima, Destinasi Wisata Religius Baru di Larantuka

Wisata religi menjadi identitas wisata di Kabupaten Flores Timur.Satu lokasi yang bagus menyepikan diri adalah Taman Doa Bukit Fatima San Dominggo.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/AMAR OLA KEDA
Taman Doa Bukit Fatima di San Dominggo, Kota Larantuka. 

Laporan Reporter TRIBUN FLORES.COM, Amar Oma Keda

TRIBUN FLORES.COM,LARANTUKA-Larantuka,ibukota Kabupaten Flores Timur dikenal sebagai kota ‘Reinha Rosari.’

Sebutan itu identik dengan ritual keagamaan umat Katolik setempat, secara khusus penghormatan kepada Bunda Maria (Tuan Ma) yang dikenal dengan prosesi tahunan ‘Semana Santa’ setiap Jumat Agung menyambut hari raya Paskah.

Kuatnya pengaruh tradisi Portugis di daerah tersebut berdampak pada pembangunan sejumlah tempat rohani termasuk berdirinya tarekat religius Susteran Puteri Reinha Rosari (PRR) yang didirikan oleh Uskup pertama, Mgr. Gabriel Manek.

Di tengah wacana pembangunan infrastruktur di berbagai sektor oleh pemerintah daerah setempat,masyarakat (umat) Flores Timur dengan penuh antusias menyambut pembangunan Taman Doa Bukit Fatima San Dominggo sebagai aset destinasi religius.

Baca juga: Kopra Putih Flores Timur Diekspor ke Eropa dan Asia Selatan

Lokasi ini diresmikan bertepatan dengan peringatan 100 tahun penampakan Bunda Maria Fatima.

Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli mengatakan Taman Doa Bukit Fatima itu didirikan berkat kerjasama Pemda Flotim dan Vatikan.

"Ini wujud bahwa Larantuka sebagai kota religius. Kerjasama kota kembar, Larantuka dan Vatikan. Siapa saja yang ke Larantuka, silahkan datang ke Bukit Fatima. Ini bukan saja sebagai tempat berdoa umat Katolik tapi untuk semua umat. Di bukit ini, kita seperti berada di atas awan. Viewnya sangat indah. Dari atas kita melihat indahnya pulau Solor dan Adonara dibatasi Selat Gonsalu," ujarnya kepada wartawan, Rabu 17 November 2021.

Ia mengatakan, pemerintah derah perlu mendukung hal ini sebagai salah satu destinasi wisata religius baru di Flores Timur.

Baca juga: Flores Timur Wakili NTT di Ajang Pemilihan Putra-Putri Kebudayaan Nusantara 2021

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved