Berita Ende

Kakanwil Marciana Apresiasi Skrining Kesehatan Tahanan Baru di Lapas Ende

Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan itu.

Editor: Gordy Donovan
Kakanwil Marciana Apresiasi Skrining Kesehatan Tahanan Baru di Lapas Ende
TRIBUNFLORES.COM/HO-LAPAS ENDE
LAPAS - Lapas Ende melakukan skrining kesehatan bagi tahanan baru di lapas Kelas II B Ende, Selasa 25 Januari 2022.

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Aris Ninu

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Pihak Lapas Kelas IIB Ende melakukan skrining kesehatan bagi tahanan yang baru masuk ke dalam Lapas, Selasa 25 Januari 2022.

Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan itu.

Pasalnya, skrining kesehatan bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan tahanan baru dan mendeteksi jika ada riwayat penyakit sebelumnya.

"Skrining kesehatan ini penting untuk mengetahui derajat kesehatan tahanan yang baru masuk ke dalam Lapas sehingga dapat diambil intervensi yang tepat sesuai kondisi tahanan," ujar Marciana.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham NTT Minta Kepala UPT Uji Kelayakan Instalasi Listrik

Bila ada tahanan yang memiliki riwayat penyakit tertentu sesuai hasil skrining, lanjut Marciana, tentu mereka akan dapat ditangani secara lebih baik. Selain itu, skrining juga dilakukan untuk mencegah adanya penyakit menular seperti HIV, Sifilis, Hepatitis dan TBC. 

Kalapas Kelas IIB Ende, Antonius H. Jawa Gili menyampaikan skrining kesehatan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Onekore. 

Kegiatan ini menindaklanjuti arahan Kepala Kanwil Kemenkumham NTT dan diberlakukan untuk semua tahanan baru yang dilimpahkan ke Lapas Ende.

“Penerapan tersebut diberlakukan bagi tahanan baru yang dilimpahkan ke Lapas Ende guna mendeteksi sedini mungkin adanya tanda-tanda dari penyakit menular,” jelasnya.

Selain dilakukan skrining kesehatan, tahanan baru juga diberikan pengarahan dan sosialisasi yang dilakukan oleh tim tenaga kesehatan dari Lapas Ende.

Salah satunya, apabila ada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sakit maka penghuni lain bisa segera melaporkan ke petugas jaga atau komandan jaga untuk menghubungi petugas kesehatan Lapas Ende.

Baca juga: Uskup Maumere; Saya Bangga TribunFlores.com Hadir di Bumi Flores dan Lembata

Tahanan baru juga ditegaskan wajib memakai masker dan akan dibagikan masker gratis oleh petugas kesehatan jika tidak memiliki masker.

“Mengingat berbagai macam orang yang masuk ke lingkungan Lapas Ende sehingga dapat meningkatkan resiko penularan virus dan penyakit, sehingga Lapas Ende wajib menerapkan SOP penerimaan tahanan baru tentu dengan mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya dengan melakukan skrining kesehatan,” tutup Antonius.

Berita Ende Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved