Berita Manggarai Timur

Maria Restituta Ratna Beberkan Rahasia Kunci Ketahanan Kualitas Hidup Berkeluarga

Kegiatan ini berlangsung di Dampek, Ibu Kota Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT) Kabupaten Manggarai Timur, Rabu 23 Februari 2022.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/HO-CAMAT LAUT
SOSIALISASI- Kegiatan Sosialisasi Sosialisasi Peningkatan Kualitas Keluarga dan Pemberdayaan Perempuan, Rabu 23 Frebuari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Manggarai Timur menggelar sosialisasi peningkatan kualitas keluarga dan pemberdayaan perempuan.

Kegiatan ini berlangsung di Dampek, Ibu Kota Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT) Kabupaten Manggarai Timur, Rabu 23 Februari 2022.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera, P2KBP3A Matim, Maria Restituta Ratna, dalam kesempatan itu menyampaikan lima rahasia kunci ketahanan kualitas hidup berkeluarga dan pemberdayaan perempuan di hadapan 49 peserta sosialisasi yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui dan ibu rumah tangga di LAUT.

Baca juga: Antisipasi Gempa Bumi, Camat di Manggarai Timur Ini Minta Semua Rapat Digelar di Alam Terbuka

 

Menurut Resti, sapaan Maria Restituta Ratna, lima rahasia kunci ketahanan kualitas hidup berkeluarga adalah pertama, dimensi legalitas keutuhan keluarga.

"Dimensi legalitas keutuhan keluarga dimana erat kaitannya dengan legalitas hubungan dua orang manusia sebelum menjadi suami istri melalui langkah dan tahapan adat yang benar, kemudian didaftarkan sebagai pasangan suami istri untuk dikukuhkan menurut keyakinan masing-masing dan tercatat dalam dokumen kependudukan pemerintah,"jelasnya.

Resti juga menjelaskan, dimensi berikutnya adalah ketahanan fisik. "Hal fisik ini menyangkut kesehatan keluarga baik fisik maupun kesehatan psikologi,"jelasnya.

Kemudian Resti juga menambahkan bagian ketiga, keempat dan kelima.

Baca juga: Kadis PUPR Sikka Tinjau Lokasi Jembatan Ambruk di Palue

"Ketiga, keempat dan kelima adalah dimensi ketahanan ekonomi atau soal finansial keluarga, ketahanan sosial dan psikologi berkaitan dengan emosional serta ketahanan sosial budaya,"jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved