Berita Ngada

Antisipasi Bencana Alam, Kepala BPBD Ngada Minta Warga Waspada

"Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ngada, saya menghimbau untuk tetap waspada," kata Eman.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/PATRIANUS MEO DJAWA
POHON TUMBANG - Pohon Tumbang diterpa angin kencang, di ruas Jalan Soekarno - Hatta, Kota Bajawa Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, Rabu 23 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Patrianus Meo Djawa

TRIBUNFLORES.COM, BAJAWA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ngada, Emanuel Kora, memberikan peringatan dini kepada masyarakat Kabupaten Ngada terang adanya potensi bencana, esok 25 Februari 2022.

Peringatan itu disampaikan BPBD Kabupaten Ngada menyusul informasi yang telah diterima BPBD Kabupaten Ngada dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Provinsi Nusa Tenggara Timur, tetang peringatan dini bencana yang telah dimulai sejak hari ini, Kamis 24 Februari 2022.

Berdasarkan hasil kajian dan analisis BMKG Provinsi NTT, Emanuel menjelaskan, potensi bencana yang akan melanda Kabupaten Ngada dan beberapa Kabupaten lain di NTT dipengaruhi oleh menghangatnya suhu muka air laut di wilayah NTT.

Baca juga: SMA Negeri 1 Maumere Adakan Ujian Karya Ilmiah, Sebagai Syarat Kelulusan Siswa Kelas XII

 

Juga adanya gelombang equatorial Rossby dan Kelvin serta sirkulasi di klinik di wilayah utara Australia tepatnya di bagian perairan selatan NTT yang akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan awan hujan (konvektif) sehingga memicu terjadinya hujan ringan hingga lebat dan disertai petir.

Kondisi cuaca seperti ini, kata Eman, sangat berpotensi menyebabkan bencana hidrometerologi seperti banjir, banjir bandang, banjir rob (banjir pesisir), tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, dan sambaran petir.

"Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ngada, saya menghimbau untuk tetap waspada," kata Eman.

Kepada seluruh masyarakat Ngada, Emanuel mengimbau agar sesegera mungkin berkoordinasi dengan pemerintah desa dan camat bila adanya kejadian bencana di wilayah masing-masing. (Cr3).

Berita Ngada Lainnya 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved