Berita NTT

Kanwil Kemenkumham NTT Tampung 86 Narapidana Narkotika

Kanwil Kemenkumham NTT menampung  86 narapidana Narkotika pada 18 rumah tahanan dan lembaga permasyarakatan di seluruh NTT.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/IRFAN HOI
Blok Narkotika di Lapas Penfui Kota Kupang 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Irfan Hoi

TRIBUNFLORES.COM,KUPANG-Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) NTT menampung  86 narapidana (Napi) Narkotika pada 18 rumah tahanan (Rutan) dan lembaga permasyarakatan (Lapas).

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kanwil Kemenkumham NTT, Mulyadi, Bc.IP, SH, M.Si, menyampaikan  para narapidana yang ada terus diberikan segala macam kegiatan pembinaan baik fisik maupun secara spiritual.

"Pembinaan itu berupa membuat kerajinan untuk menghilangkan kejenuhan untuk mengisi waktu luang," kata Mulyadi, Rabu 7 April 2022.

Untuk aspek spiritual, dia menyebut biasanya para pemuka agama juga turut hadir untuk memberikan penguatan kepribadian bagi narapidana. Mulyadi mengaku, sejak pandemi memang kegiatan pembinaan cukup terhambat. Kerajinan yang biasa dikerjakan, kini mulai dibatasi untuk mengurangi kerumunan pencegahan covid-19. Begitu juga dengan pembinaan spiritual yang kini dilakukan secara virtual.

Baca juga: Tiga Kepala OPD Pemprov NTT Dibebastugaskan Gubernur NTT, Ini Bagian Pembinaan.

Ia menjelaskan, pembagian narapidana dalam satu ruang tahanan, disebut bervariasi. Jumlahnya, disesuaikan dengan lapas atau rutan yang ada, juga kebijakan dari Kepala UPT terkait. Dia menyebut, di NTT sendiri, penempatan tahanan juga tidak lebih dari 5 orang dengan tidak semua narapidana dalam kasus yang sama ditempatkan didalam satu kamar.

"Di indonesi ini, lapas dan rutan itu ada yang isi beda-beda. Ada yang isi 1 orang, 3 tahanan dan bahkan ada yang 30 orang. Tergantung luas kamarnya," kata dia.

Ia merinci kalau penempatan warga binaan dalam kamar juga harus ganjil. Tujuannya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, bila terjadi cekcok atau perkelahian. Jumlah kasus Narkotika tiap tahun diklaim menurun.

Sejauh ini, ada 73 narapidana Narkotika berjenis kelamin laki-laki dan wanita  13 orang. Rincinya, Rutan Ruteng 2 orang wanita, Lapas Ende 1 orang, Lapas Perempuan Kupang 8 orang dan Rutan Maumere 2 orang. 

Berita NTT lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved