Hari Kartini

Hari Kartini di Mata Mahasiswi Unika Ruteng, Perempuan Sekarang Terbawa Arus Zaman

Peringatan Hari Kartini 21 April 2022 dirayakan oleh mahasiswi Unika Santo Paulus Ruteng. Banyak perempuan sekarang terbawa arus perubahan zaman.

Editor: Egy Moa
TRIBUNFLORES.COM/CHARLES ABAR
Mahasiswi Unika St.Paulus Ruteng , Agnesia Odilia dan Amelia Sulastri pada sela kegiatan di Unika Ruteng, Kamis 21 April 2022.  

 Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM, RUTENG-Peringataan Hari Kartini,  21 April 2022 dirayakan mahasiswi Unika Ruteng.  Mereka menyampaikan makna Hari Kartini di zaman sekarang ini dalam penerapan kehidupan sehari-hari.

Mahasiswi Teologi UNIKA Ruteng, Agnestiana Odilia  mengungkapkan makna bagi dirinya mengenang perjuangan Kartini di masa lalu ketika diimplementasikan di zaman Kartini masa kini agak berbeda. Bagi Agnesia, sosok Kartini merupakan perempuan tangguh, memiliki hati tulus  dan  dedikasi yang tinggi untuk keluarga dan lingkungannya 

" Sosok Kartini merupakan perempuan yang multitasking, punya hati dan rela mendedikasikan waktunya untuk keluarga dan lingkungannya," ungkap Agnes.

Menurut Agnes, sosok perjuangan yang diperankan oleh tokoh emansipasi wanita Kartini, belum sepenuhnya di terapkan oleh generasi sekarang dikarenakan terbawah arus perubahan zaman.

Baca juga: Dokter Surip Tintin Motivasi Perempuan Manggarai Timur Maju dan Bersemangat

"Saya liat anak-anak muda jaman sekarang kurang berpartisipasi seperti sosok Kartini,anak muda zaman sekarang kebanyakan hanya mengikuti tren yang jauh dari kisah perjuangan Raden Ajeng Kartini," ungkap siswi Teologi Unika Ruteng Ini.

Sementara buah dari perjuangan Kartini terkait kesetaraan gender itu sudah diimplementasi di  kampus, semua memiliki kesempatan yang sama terlebih dalam memperoleh akses pendidikan yang layak.

" Cita-cita Kartini dalam iklim kampus sudah tercapai., dimana tidak seperti dulu pada zaman Kartini terlalu mengekang terhadap kebebasan perempuan,sekarang perempuan mau bagaimanapun itu urusan mereka" katanya.

Dalam konteks Kartini sekarang, Amelia Sulastri Theovani, mahasiswi Prodi Agronomi Unika Ruteng mengharapkan agar perempuan zaman sekarang tetap melestarikan dan mengimplementasikan gerakan yang dicanangkan oleh Kartini dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Janda Penjual Ikan di Pasar Borong Beri Pesan Kartini-Kartini Harus Tangguh

" Kepada seluruh perempuan yang ada di Indonesia, atau Kartini masa kini agar kita harus berpatisipasi dalam mewujudkan kesejahteraan perempuan, bersatu hilangkan egoisme," pungkas Amelia. 

Berita Manggarai Timur lainnya
 
 
 
 
 
 

 
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved