Berita Lembata

Bawaslu Lembata Resmikan Pojok Pengawasan

Pojok pengawasan Bawaslu akan menjadi garda terdepan pusat data dan informasi terkait kerja pengawasan hasil Pemilu.

Editor: Egy Moa
DOK.HUMAS BAWASLU LEMBATA
Peresmian Pojok Pengawasan di Bawaslu Lembata, Kamis 21 April 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, RICKO WAWO

TRIBUNFLORES.COM, LEWOLEBA-Anggota Bawaslu Provinsi NTT, Jemris Fointuna, mendatangi Bawaslu Lembata, Kamis, 21 April 2022 melakukan monitoring dan evaluasi sekaligus meresmikan Pojok Pengawasan. 

Jemris memberikan penguatan dan membagikan kiat-kiat pengelolaan Pojok Pengawasan Bawaslu. Kegiatan diwarnai dengan pengguntingan pita dan pemutaran film pendek Bawaslu Lembata. Kegiatan dihadiri Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lembata dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata, juga jajaran Bawaslu Lembata. 

Humas Bawaslus Lembata, Indah Purnama Dewi melaporkan Jemris menegaskan hal-hal penting dalam mempersiapkan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 di antaranya, pertama mengoptimalkan komunikasi melalui diskusi tematik internal, kedua mempelajari regulasi, ketiga melakukan pendekatan emosional antar personil Bawaslu, dan keempat adalah melakukan konsilidasi internal.

Sementara dalam agenda,  pojok pengawasan adalah garda terdepan pusat data dan informasi terkait kerja pengawasan hasil Pemilu. Pojok pengawasan dapat dijadikan sebagai media peningkatan literasi pemilu dan pemilihan. Jadi, dia berharap Bawaslu Lembata bisa mengembangkannya dalam versi digital agar memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

Baca juga: Penyidik Kejari Lembata Sita Kapal Pinisi

“Pojok pengawasan bukan sekedar gagah gagahan, tetapi dapat dijadikan sebagai pusat pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi berkaitan dengan kepemiluan,” tegas Jemris.

Ketua Bawaslu Lembata, Paulina Tokan mengatakan pengembangan pojok pengawasan sebagai salah satu pilar edukatif yang mendukung konsep pengawasan partisipatif. Menurut Paulina keterbatasan bukan menjadi hambatan tetapi kreasi dan inovasi yang tinggi menjadi modal yang berharga dalam menyajikan dan mempromosikan pojok pengawasan. 

“Peresmian ini bertepatan dengan Hari Kartini harapan saya semoga Semoga kehadiran pojok pengawasan ini bisa membawa terang bagi masyarakat dalam hal kepemiluan, yaitu dengan memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan lebih mempertajam fungsi pencegahan pelanggaran pemilu,” harap Paulina.

Dalam kegiatan itu juga Bawaslu menyerahkan dokumen Bawaslu berupa buletin, album foto , kalender Bawaslu Tahun 2022, bingkai foto, kaset CD film Pendek karya Bawaslu Lembata kepada Bawaslu Provinsi NTT yang diterima oleh Jemris Fointuna dan kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan diterima oleh Raimundus Beda disaksikan mitra Bawaslu dan awak media.

Berita Lembata lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved