Berita Nagekeo

Peringati Hari Kartini, Dinas P2KB Nagekeo Berikan Pelayanan KB Massal di Nageoga

Meningkatkan jumlah yang keluarga terpapar informasi Edukasi 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/HO-BERNADINUS
PELAYANAN KB - Suasana pelayana KB massal di Kelurahan Nageoga, Kecamtan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Jumat 22 April 2022. 

TRIBUFLORES.COM, MBAY - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Nagekeo melaksanakan egiatan pelayanan KB massal atau pemasangan Alat dan Obat Kontrasepsi (Alokon) bagi calon akseptor di Nageoga, Kecamatan Boawae, Jumat 22 April 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kartini, yang selama sepekan penyuluh KB dan kader KB Nageoga melakukan sosialisasi tentang tujuan dan manfaat program KB, hiburan kreatif, kunjungan rumah sasaran/keluarga yang beresiko stunting dan yang terpapar stunting untuk konseling KB sekaligus menghadirkan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) bagi generasi Kartini jaman milenial ini.

Baca juga: Mahasiswa Psikologi FKM Undana Adakan Pelatihan Jurnalistik

 

Penyuluh KB Kabupaten Nagekeo, Bernardinus Petrus Marianus Moan Lelo, S. Fil, menjelaskan kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Repubik Indonesia (Pepres) Nomor: 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting telah mencanangkan target menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Untuk itu, percepatan penurunan Stunting memerlukan strategi dan metode baru yang lebih kolaboratif dan berkesinambungan mulai dari Hulu (Aspek Sensitif) hingga Hilir (Aspek Spesifik).

Aksi cegah Stunting melalui Program Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang menjadi semangat BKKBN dalam melayani Keluarga Nusantara yang dapat mendorong Pasangan Usia Subur (PUS) untuk keluar dari zona gagal tumbuh-kembang (stunting) dalam proses regenerasi keturunannya (hamil dan melahirkan), dengan Program Persiapan bagi Calon Pengantin (Cantin), Penundaan Usia Perkawinan (PUP), Pendampingan bagi Ibu Hamil (Bumil), Edukasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Baca juga: Warga Tertua NTT Berusia 124 Tahun, Masak Sendiri Tinggal di Gubuk Miring 

Selain itu Pelayanan KB massal (untuk menghindari kondisi “4 Terlalu: Terlalu Muda dan Tua, terlalu Dekat dan terlalu banyak hamil/melahirkan).

Suasana pelayana KB massal di Kelurahan Nageoga, Kecamtan Boawae,
PELAYANAN KB - Suasana pelayana KB massal di Kelurahan Nageoga, Kecamtan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Jumat 22 April 2022.

"Kegiatan ini merupakan Aksi bersama Lintas sektor Puskesmas Boawae, Pemerintah Kelurahan Nageoga, Bidan Kelurahan, Kader KB dan tokoh masyarakat untuk Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting di Kelurahan Nageoga yang diinisiatif oleh Dinas P2KB Nagekeo,"ujar Bernardinus.

Bernardinus menjelaskan pada kesempatan ini, sasaran Pasangan Usia Subur (PUS) yang datang sebanyak 40 dan dilakukan skrining kondisi kesehatannya selanjutnya Peserta dilayani Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) sebanyak 25 Akseptor (IUD: 7 dan Implant: 18), 15 yang tidak bisa dilayani karena alasan kesehatan.

Bernardinus menyebutkan kegiatan ini, bertujuan untuk pencegahan Stunting melalui, meningkatkan jumlah keluarga yang terpapar Program Bangga Kencana.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved