Berita Manggarai Timur

Murid SD-Pelajar SMP Unjuk Kebolehan di Expo Pendidikan Manggarai Timur

Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur menggelar dua hari Expo Pendidikan 2022 merayakan peringatan Hari Pendidkan Nasional.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Pembukaan Expo Pendidikan Manggarai Timur, Selasa 17 Mei 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG--Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menggelar kegiatan Expo Pendidikan Manggarai Timur tahun 2022. Kegiatan mengusung tema 'Serentak Bergerak Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila' ini berlangsung di pelataran Gedung IKM Rana Tonjong, Golo Lada, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong dari tanggal 17 dan 18 Mei 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Pendidikan(Sekda) Manggarai Timur, Ir Boni Hasudungan Siregar, Selasa 17 Mei 2022. Hadir dalam kegiatan pembukaan itu, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Heremias Dupa berserta sejumlah anggota DPRD, Perwakilan pimpinan Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, OPD. 

Kepala Dinas PPO, Basilius Teto, Sekertaris Dinas PPO, Rofinus Hibur Hijau, para kepala Bidang di Dinas PPO Matim, panitia, para koordinator Pengawas, para Pengawas, Kepala Sekolah dari tingkat PAUD sampai dengan SMP,  para guru pendamping, orang tua/wali dan para siswa-siswi serta undangan lainya. 

Dalam Expo Pendidikan ini dilakukan berbagai perlombaan berupa lomba pidato, vocal group, dan lomba bertutur dengan peserta pelajar SD dan SMP utusan dari seluruh Kecamatan di Manggarai Timur.

Baca juga: Belum Ditemukan Penyakit Mulut dan Kuku Menyerang Ternak di Manggarai Timur 

Selain diadakan lomba, juga dalam kegiatan ini juga dilakukan kegiatan selingan berupa Talkshow, hiburan-hiburan berupa nyanyian dan tarian serta stand up comedy. Dan juga ada pameran hasil kerajinan dari sejumlah sekolah baik SD maupun SMP.  Dalam kesempatan itu juga panitia bersama para pelajar juga menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Sekertaris Dinas PPO Rofinus. 

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Ir Boni Hasudungan Siregar, pada saat membuka kegiatan itu, memberikan apresiasi kepada Dinas PPO yang menyelenggarakan Expo itu. Selain itu juga menyampaikan Terima kasih untuk semua pihak yang turut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan Expo itu. 

Menurutnya ini sebagai salah satu wujud implementasi dan komitmen Pemkab untuk menjadikan daerah lumbung SDM muda yang handal dan unggul serta dapat diharapkan di masa yang akan datang dengan sungguh menghayati nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan di Kabupaten Manggarai Timur terutama menumbuhkan fighting spirit dalam diri generasi muda kita,"ujar Bupati Agas.

Baca juga: Atlet Kempo Manggarai Timur Raih Medali Kejuaraan Dunia Kempo di Tunisia

Dikatakan Bupati Agas, profil Pelajar Pancasila' merupakan roh model yang tepat untuk menjadikan generasi muda Indonesia pribadi yang unggul dan sejalan dengan cita-cita dan harapan para penjasa Indonesia. 

Bupati Agas, juga mengatakan, sejalan dengan diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar pada satuan pendidikan, Pemkab Matim akan terus melakukan langkah-langkah kreatif demi kemajuan Pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar diharapkan mampu menjembatani learning loss yang terjadi akibat pandemi Covid-19. 

Melalui Kegiatan Expo Pendidikan ini, Pemkab Matim berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia muda yang unggul sesuai dengan profil Pancasila demi generasi emas Indonesia di masa yang akan datang. 

Kepala Dinas PPO Manggarai Timur, Drs Basilius Teto, menambahkan, Kegiatan Expo Pendidikan Manggarai Timur Tahun 2022 ini juga dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekaligus Hari Kebangkitan Nasional. Kegiatan ini juga, kata Basilius, untuk mengembangkan literasi kepada sekolah-sekolah baik SD maupun SMP.

Baca juga: SMAK St. Peregrinus Laziosi Watumingan di Manggarai Timur Adakan Festival Keagamaan Katolik

Dikatakan Basilius, peserta lomba dalam kegiatan Expo ini diikuti oleh peserta siswa-siswi utusan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kecamatan dari 12 Kecamatan yang mendapat juara pada lomba yang dilakukan pada tingkat kecamatan. 

Adapun jenis-jenis lomba, jelas Basilius, Lomba Pidato bahasa Inggris diikuti oleh siswa SMP dan pidato bahasa Indonesia diikuti oleh peserta siswa SD, dan lomba Vocal Group untuk SD dan SMP serta lomba bertutur untuk pelajar SMP. 

Selanjutnya bagi pelajar yang mendapatkan juara pada lomba tingkat Kabupaten,akan mengikuti atraksi pada saat apel puncak memperingati Hardiknas dan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 20 Mei 2022 yang berpusat di Lehong. 

Basilius juga mengharapkan agar para guru dan siswa terus mengembangkan literasi di sekolah. Selain itu diharapkan juga dalam mewujudkan program Merdeka Belajar ini sekolah-sekolah betul-betul menyiapkan sedini mungkin terkait untuk mengimplementasikan Merdeka Belajar.

Baca juga: Bupati Manggarai Timur Tidak Pasang Kriteria Calon Wabup Tapi Keseimbangan Wilayah 

"Karena itu setelah kegiatan Expo ini Mading-Mading harus mulai bermunculan di sekolah-sekolah. Dan diharapkan pada kegiatan bukan juara yang diutamakan, tapi bagaimana prosesnya itu harus dijalankan dengan baik karena itu moment ini harus diikuti dengan baik,"tutup Basilius. 
 

Berita Manggarai Timur lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved