Berita Manggarai

Rutin Edukasi Kamtibmas kepada Remaja, Briptu Charles dapat Penghargaan dari Kapolres Manggarai

Briptu Charles mendapatkan piagama itu pada momen syukuran pringatan HUT Bhayangkara yang ke 76 di lapangan Mapolres Mangarai, Selasa 5 Juli 2022.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/CHARLES ABAR
SOSOK - Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, Briptu Charles Yasen Darwin usai menerima piagam di Mapolres Manggarai. Selasa 5 Juli 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM,RUTENG- Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak, Briptu Charles Yasen Darwin, mendapatkan piagam penghargaan dari Kapolres Manggarai.

Briptu Charles mendapatkan piagama itu pada momen syukuran pringatan HUT Bhayangkara yang ke 76 di lapangan Mapolres Mangarai, Selasa 5 Juli 2022 pagi.

Penghargaan dari Kapolres Manggarai AKBP Yoce Marten , S.H., S.I.K., M.I.K., kepada Briptu Charles atas giat edukasi penyuluhan hukum yang dilakukan kepada anak-anak remaja di tingkap SMP di wilayah Lelak, Kabupaten Mangarai, NTT.

Adapun gebrakan yang dilakukan Briptu Charles dalam memelihara ketertiban umum ditengah masyarakat dengan mengajak kaum milenial untuk terlibat serta dalam memelihara Kamtibmas.

Baca juga: Momen Kapolres Nagekeo Beri Tumpeng untuk Polisi Tertua dan Termuda saat HUT Bhayangkara

Briptu Charles mengaku tugas pokok dari anggota Polri satu diantaranya terkait keamanan dan ketertiban umum.

Briptu Charles melakukan sosialisasi dari sekolah ke sekolah memberikan penyuluhan hukum kepada pelajar untuk menghindari hal yang menyimpang dilakukan oleh pelajar.

"Banyak penyimpangan selama ini yang dilakukan oleh pelajar yang berdampak pada gangguan Kamtibmas, contohnya adalah balapan- hapalan liar dan lain-lain," ungkap Bhabin Charles.

Dalam memelihara tertertiban umum, Briptu Charles sering kali melakukan pendekatan persuasif. Pendekatan itu berupa pendekatan adat dalam istilah Manggarai "Kawe Wake Nipu Tae, usur Puni Pu,u Ruku"

"Saya selalu mengedepankan asas budaya, ini juga bagian dari mengedepankan kearifan lokal, karena bagamanapun babinkamtibmas itu harus terima di tengah masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen Kependudukan, Polisi Sebut Ada Kemungkinan Penambahan Tersangka Baru

Dalam menjaga keamanan juga sangat penting bagi petugas Bhabin untuk menguasai budaya Manggarai untuk menyelesaikan berbagai konflik sosial di tengah masyarakat.

"Ini bagian dari restorasi justice. setiap penyelesaian konflik yang kita lakukan di rumah gendang atau dimanapun ditengah masyarakat Mangarai kita selalu menggunakan pendekatan adat," katanya.

Usai mendapatkan perhargaan dari Kapolres Manggarai Briptu Charles mengucapkan terima kasih dan berharap Polri tetap menjadi pelopor dalam memerangi Covid 19, mengatasi masalah sosial, mendukung harkamtibmas dan polri selalu dicintai masyarakat. (Cr2).

Berita Manggarai lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved