Berita Manggarai Barat

Kapal Pesiar di Labuan Bajo Ditertibkan dan Wajib Gunakan Produk UMKM NTT

Pemerintah Provinsi NTT akan menertibkan semua kapal pesiar yang beroperasi di wilayah Labuan Bajo agar memudahkan pengontrolan oleh pemerintah.

Editor: Egy Moa
(SHUTTERSTOCK/Sergey Uryadnikov)
KOMODO - Komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).(SHUTTERSTOCK/Sergey Uryadnikov) 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Irfan Hoi

TRIBUNFLORES.COM,KUPANG-Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT berencana melakukan penertiban bagi kapal-kapal pesiar yang berada di wilayah Labuan Bajo, Manggarai Barat, Pulau Flores. Selain itu, produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari NTT juga wajib digunakan para pemilik atau kapal pesiar yang ada.

"Pemerintah Provinsi NTT tidak melarang para wisatawan menginap di atas kapal, tetapi pemerintah berkeinginan untuk mengatur dan menata agar semua kapal- kapal pesiar yang ada dapat terdaftar di dalam sistem yang kami miliki, sehingga jika para wisatawan menginap di atas kapal, pemerintah tetap dapat mengontrolnya dengan baik," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Zeth Sony Libing, Minggu 24 Juli 2022.

Menurut dia, penggunaan produk atau hasil karya UMKM di NTT terkhususnya di Manggarai Barat, merupakan kewajiban yang harus dipatuhi. Produk itu berupa kuliner, kriya maupun artisan tradisional atau tenunan, kecuali produk-produk yang tidak tersedia di NTT.

Tujuan penertiban ini agar pemilik kapal juga memiliki tanggung jawab sosial untuk membangun ekonomi masyarakat di NTT, terkhususnya Manggarai Barat. Sejalan dengan itu, masyarakat setempat bisa mendapat manfaat dari potensi wisata yang ada.

Baca juga: Warga Bahagia Presiden Jokowi Datang di Watu Ngelek Manggarai Barat

Presiden Joko Widodo juga sudah memberi arahan untuk pemanfaatan pariwisata bagi kepentingan masyarakat. Kepala negara berkata demikian saat meresmikan Penataan Kawasan Marina - Labuan Bajo dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka yang terletak di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina, Labuan Bajo pada 21 Juli 2022 .

“Tujuan akhir dari penataan seluruh kawasan yang ada adalah kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Manggarai Barat, lebih khusus di Labuan Bajo," katanya.  
 

Berita Manggarai Barat lainnya
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved