Berita Manggarai Barat

Bandara Komodo Beroperasi Normal,Bule Naik Bemo

Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) kembali beroperasi normal, Rabu 3 Agustus 2022.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/GECIO VIANA
Wisatawan asing  tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo menggunakan angkutan umum, Rabu 3 Agustus 2022.   

 Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUNFLORES.COM,LABUAN BAJO-Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) kembali beroperasi normal, Rabu 3 Agustus 2022.

Aktivitas ramai di Bandara Komodo Labuan Bajo pada Rabu pagi, dimana terdapat banyak pengunjung yang hendak meninggalkan Labuan Bajo dari pintu keberangkatan. 

Terdapat juga wisatawan asing 'bule' yang menumpang angkutan kota jenis bemo yang ada di Labuan Bajo. Para pegawai bandara pun terlihat sigap dalam melayani para penumpang. 

Sementara itu aparat keamanan terus melakukan penjagaan. Tidak hanya area dalam bandara, namun terlihat juga di luar bandara.

Baca juga: Mogok Dua Hari di Labuan Bajo, Pengunjung di Pulau Komodo Berkurang

Seorang warga Labuan Bajo, Lambertus (39) mengatakan, ia mengantarkan keluarganya menggunakan bemo karena lebih murah dan memudahkan mobilitas. 

"Iya, sejak kemarin kami sudah pesan bemo," katanya 

Diberitakan sebelumnya, gelombang protes dilakukan pelaku pariwisata dan asosiasi pariwisata yang tergabung dalam Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata (Formapp) Mabar. 

Formapp Mabar menolak penetapan tarif Rp 3.75 juta per orang untuk periode satu tahun untuk destinasi wisata Pulau Komodo, Pulau Padar dan kawasan perairan di sekitarnya. Tidak tanggung-tanggung, para pelaku pariwisata memilih mogok kerja selama satu bulan.

Baca juga: Sopir Travel di Labuan Bajo Berhenti Mogok, Layani Kembali Angkutan

Pantauan di Bandara Komodo Labuan Bajo, penerbangan berjalan normal. Bandara Komodo Labuan Bajo juga beroperasi normal di tengah hari kedua mogok massal para pelaku pariwisata. 

Walaupun tidak ada kendaraan pariwisata yang melayani, terdapat sejumlah kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang digunakan untuk mengantar para wisatawan ke hotel, maupun tempat lain yang dituju. 

Selain itu, masih terlihat dua bus milik Pemda Manggarai Barat dan Bandara Komodo Labuan Bajo serta beberapa mobil dinas diantaranya dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Mabar, Dinas Sosial Kabupaten Mabar dan Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Manggarai Barat. 

Kendaraan milik pemerintah itu digunakan oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo. Lebih lanjut, pantauan di pelabuhan masih sepi, karena kapal-kapal wisata masih banyak yang berlabuh.

Baca juga: Sembilan Ratus Personil Keamanan Disiagakan di Labuan Bajo Kawal Kenaikan Tarif Taman Nasonal Komodo

Namun demikian, situasi Kota Labuan Bajo terpantau ramai di beberapa titik seperti di Puncak Waringin dan Marina Labuan Bajo. Terdapat juga beberapa agen wisata yang memilih menutup kantor dan beberapa rumah makan. 

Berita Manggarai Barat lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved