Turnamen Sepakbola ETMC 2022

Finalis ETMC Diperjuangkan Bertanding di Liga 3 Nasional

Ketua Asprov PSSI NTT sedang berupaya agar dua finalis Liga 3 El Tari Memorial Cup (ETMC) 2022 bisa lolos ke putaran nasional 2022.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/RICKO WAWO
Ketua Asprov PSSI NTT Chris Mboeik dan Penjabat Bupati Lembata Marsianus Jawa me-launching kompetisi sepak bola El Tari Memorial Cup di Stadion Gelora 99, Kabupaten Lembata, Senin, 8 Agustus 2022.  

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, RICKO WAWO

TRIBUNFLORES.COM, LEWOLEBA-Asprov PSSI NTT sedang berupaya agar dua finalis Liga 3 El Tari Memorial Cup (ETMC) 2022 bisa lolos ke putaran nasional, sehingga tidak hanya juara ETMC saja yang lolos ke putaran nasional. 

Ketua Asprov PSSI NTT, Chris Mboeik mengatakanya  saat melaunching kompetisi sepak bola El Tari Memorial Cup di Stadion Gelora 99, Kabupaten Lembata, Senin, 8 Agustus 2022. Menurut dia, jika keterlibatan tim yang berlaga di El Tari Memorial Cup di Lembata minimal 20 tim, maka dirinya akan berkomunikasi dengan PSSI pusat supaya dua finalis bisa lolos ke putaran nasional. 

Kompetisi sepakbola tertua di NTT ini juga akan menjadi ajang seleksi pemain untuk ajang pra PON 2023 mendatang. Anggota DPRD NTT ini akan membentuk tim talent scouting yang akan memantau para pemain dan melakukan seleksi. 

Tim seleksi akan memilih 30 pemain dari semua tim peserta ETMC 2022 untuk selanjutnya dilakukan pemusatan pelatihan di Kupang.

Baca juga: Pemda Lembata Minta Asprov PSSI NTT Pasang Lampu di Gelora 99

Pihaknya juga akan melobi PSSI untuk menggelar pertandingan pra PON di NTT. Pusat menghendaki jika digelar di NTT, lapangan yang digunakan di Kota Kupang atau di Labuan Bajo.

Hanya saja, kesiapan lapangan di Labuan Bajo belum memadai. Sehingga pihaknya menawarkan Stadion Marilonga di Kota Ende sebagai pelaksana pertandingan pra PON.

Dia berharap, dengan menjadi tuan rumah pra PON, tim NTT lebih berpeluang lolos ke PON tahun 2024 yang akan digelar di Medan dan Aceh. 

Apalagi, sudah ada kemungkinan kalau pada 2028 nanti, NTT akan menjadi tuan rumah PON bersama NTB dan cabang sepak bola dimainkan di NTT.Sehingga, tim NTT akan dengan sendirinya lolos ke PON.

Baca juga: Semangat Siswa SDI Hamahena Lembata Belajar di Bawah Tenda Darurat

Chris Mboeik juga mendorong Pemda Lembata menyiapkan lapangan di Gelora 99 secara baik sehingga bisa berpeluang menjadi salah satu alternatif penyelenggara pertandingan pada ajang PON 2028 mendatang. 

Untuk diketahui, Liga 3 merupakan kasta ketiga liga di Indonesia dan bergulir sejak tahun 2014. Liga 3 memiliki fase regional di Provinsi masing-masing, dan akan berkompetisi lagi di putaran nasional untuk mencari yang terbaik. Liga 3 sebelumnya dikenal juga dengan nama Liga Nusantara. Liga 3 2017 adalah musim pertama kompetisi kasta ketiga dengan nama baru Liga 3.

Berita Lembata lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved