Berita Sikka

Ketika Yanto dan Gabriel Bertemu Menkop Bicara KUR  'Lilin Itu Harus Menerangi Sampai ke Pelosok'

Desember 2017, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Koperasi Kredit (Kopdit) Obor Mas, menorehkan catatan positif, tidak berlebihan juga disebut catatan sejar

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Laus Markus Goti
TRIBUNFLORES.COM/ORIS GOTI
FLORES BICARA. Talk Show Flores Bicara bersama GM KSP Kopdit Obor Mas di Studio TRIBUNFLORES.COM, Maumere, Kamis 11 Agustus 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - "Lilin besar sudah dinyalakan di Jakarta. Tapi Indonesia tidak akan bercahaya kalau lilin itu hanya ada di Jakarta. Mari kita bawa lilin itu masuk ke desa -desa menjadi lilin -lilin kecil yang kita nyalakan di semua pelosok," (Leonardus Frediyanto Moat Lering, General Manager KSP Kopdit Obor Mas).

Desember 2017, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Koperasi Kredit (Kopdit) Obor Mas, menorehkan catatan positif, tidak berlebihan juga disebut catatan sejarah, dengan menjadi koperasi simpan pinjam penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Launching penyaluran KUR di Kantor KSP Kopdit Obor Mas di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, pada Desember 2017 dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi (Menkop), kala itu, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Menilik ke jauh ke belakang, program KUR yang digagas oleh Presiden RI ke - 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada 2007, yang kemudian diteruskan oleh Presiden Jokowi ini, awalnya hanya melibatkan Bank sebagai penyalur.

Baca juga: Kopdit Obor Mas Salurkan Dana Solidaritas Rp 300 Juta ke Puskopdit Swadaya Utama Maumere

 

Keterlibatan koperasi sebagai penyalur KUR baru dimulai pada 2017, meski payung hukum keterlibatan koperasi sebagai penyalur KUR sendiri sudah dikeluarkan pada 9 November 2016 melalui Permenko Perekonomian No.9/2016.

Proses seleksi maupun persyaratan untuk menjadikan penyalur KUR ketat. Barulah pada 2017, ada dua koperasi simpan pinjam yang terverikasi, layak dan dipercayakan pemerintah, mulai menyalurkan KUR, yakni Kospin Pekalongan dan Kopdit Obor Mas.

Bagaimana ceritanya Obor Mas bisa jadi penyalur KUR? Oktober 2016, Yanto, sapaan akrab Leonardus Frediyanto Moat Lering bersama Gabriel Pongge, Ketua Kopdit Obor Mas kala itu, berangkat ke Ibu Kota Negara membawa surat permohonan kepada Kementerian Koperasi agar Obor Mas menjadi penyalur KUR.

"Tapi soal gagasan ini sudah muncul kurang lebih lima tahun sebelumnya. Artinya kami sudah persiapkan jauh -jauh hari," ujar Yanto dalam Talk Show Flores Bicara, yang dipandu oleh Oris Goti, jurnalis TRIBUNFLORES.COM, di Maumere, Kamis 11 Agustus 2022.

Lima tahun sebelum Obor Mas menjadi koperasi penyalur KUR, Yanto selalu terusik dengan pertanyaan, 'Mengapa hanya Bank saja yang menjadi penyalur KUR, sementara kuasa pengguna anggaran ada di Kementerian Koperasi'.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved